Puluhan Ribu Santri Meriahkan Pawai HSN 2018

Dilihat 2196 kali
Pawai ratusan kendaraan peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/10)

BERITAMAGELANG.ID - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 berlangsung meriah di berbagai daerah. Seperti di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, puluhan ribu santri menggelar pawai kendaraan hias sepanjang puluhan kilometer.

"Kirab peringatan Hari Santri Nasional ini dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang, yang diikuti sebanyak 555 unit kendaraan," kata Sekretaris Umum HSN 2018 PCNU Kabupaten Magelang, Atok Rahman Hakim, Senin (22/10).

Rute kirab melewati ruas jalan utama Yogyakarta - Magelang dan menempuh jarak sekitar 15 km. Titik star di Gunungpring Muntilan dan berakhir di pertigaan besar Artos Mall Mertoyudan Magelang.

Selain senandung salawat dan irama rebana, masing-masing kendaraan yang dihias itu juga dilengkapi bendera merah putih, dan atribut masing masing lembaga pendidikan yang menaunginya.

Menurut Atok, para peserta pawai merupakan para santri dari berbagai Pondok Pesantren dansSekolah yang berada di bawah lembaga Maarif NU Kabupaten Magelang.

"Mereka para santri dari Ponpes dan Sekolah sekolah Maarif yang disertakan oleh 21 Majelis Wilayah Cabang (MWC) se-Kabupaten Magelang," jelasnya.

Tujuan dari kirab ini selain menjadi syiar islam, perayaan hari santri juga sebagai upaya mengenang jasa para pahlawan, pendahulu bangsa ini yang merupakan para santri dan ulama.

"Sebagai upaya mensosialisasikan, kepada generasi penerus tentang kontribusi para santri dalam merebut kemerdekaan Reublik Indonesia tercinta ini," tuturnya.

Pada era digital saat ini, imbuh Atok, peran serta santri maupun ulama sangat penting dalam membentuk karakter bangsa, khususnya dalam hal pembangunan, kemandirian dan kejujuran.

"Saat ini di era milenial, peran santri dalam mengisi pembangunan memiliki andil besar. Tentunya dengan kapasitasnya sebagai santri untuk menjadi kader islam yang berprestasi untuk bangsa di bidangnya masing masing," lanjutnya.

Sementara itu, sejumlah tokoh ulama pengasuh pondok pesantren se-Kabupaten Magelang juga tampak hadir menyaksikan jalannya kirab bersama para santrinya.

Selama berlangsungnya pawai, petugas Satlantas Polres Magelang dibantu personil Banser dengan sigap mengatur arus lalu lintas dari Yogjakarta menuju Magelang yang beberapa waktu sempat tersendat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar