Mapolsek Borobudur Dibangun Ulang, Lebih Modern dan Nyaman

Dilihat 1645 kali
Peletakan batu pertama pembangunan Mapolsek Borobudur

BERITAMAGELANG.ID - Guna mewujudkan pelayanan maksimal, Markas Polsek Borobudur di Kabupaten Magelang segera dibangun ulang. Secara simbolis, peletakan batu pertama dilakukan oleh Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, Selasa (9/5/2023).


Keberadaan bangunan mapolsek yang saat ini berdiri akan diganti dengan model baru dua lantai dengan tambahan unit satuannya.


Lokasi Polsek Borobudur mendatang masih berada di wilayah Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur. Nantinya dalam bangunan baru itu akan dilengkapi dengan unit Pengamanan Objek Vital dan mess sejumlah 10 kamar dengan total anggaran pembangunan mencapai Rp5,3 miliar.


Pembangunan Polsek Borobudur dilakukan agar representatif untuk pelayanan kepada masyarakat. Terlebih, terdapat objek vital berupa Candi Borobudur yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas.


Di samping itu, untuk kenyamanan, nantinya kantor baru Polsek Borobudur juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa difabel line, toilet difabel, ruang laktasi, dan corner kids zone.


Ditambahkan Ruruh, saat ini Mapolsek Borobudur memiliki personel sebanyak 32 orang dan rencanaya jumlah itu akan ditambah. Menurut Ruruh, jumlah personel yang ideal di Polsek Borobudur setidaknya mencapai 50 orang. Proses pembangunan itu seiring usulan kenaikan tingkat Polsek Borobudur ke tipe B, yakni urban.


"Setelah (pembangunan) itu nanti kami minta pengajuan tambahan anggota," ujar Ruruh.


Selain Mapolsek Borobudur, adapun polsek yang diusulkan naik tipe dari rural menjadi urban diantaranya Mungkid, Muntilan, Tempuran, dan Mertoyudan.


Rencana pelaksanaan pembangunan Polsek Borobudur dimulai 4 Mei 2023 s.d 30 Oktober 2023. Maka dengan proses pembangunan tersebut sekitar bulan September 2023 pelayanan Polsek Borobudur sementara waktu akan berpindah ke sebuah kantor yang terletak di samping Komando Rayon Militer 19/Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar