Polsek Muntilan Beri Pembinaan Pelajar Indisipliner

Dilihat 1177 kali

BERITAMAGELANG.ID - Polsek Muntilan melalui Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) melaksanakan pelepasan pelajar SMK/SMA di sekitar Muntilan yang sudah dibina karena melakukan indisipliner pada Selasa (11/4) pagi di halaman Mapolsek Muntilan. Kapolsek Muntilan AKP Abdul Muthohir menyampaikan pembinaan ini sudah dimulai sejak satu bulan lalu.


"Anak-anak ini melakukan tindakan indisipliner, seperti mencegat truk, perang sarung dan tawuran. Akhirnya kita amankan dengan mengundang orang tua dan pihak sekolah," jelas Thohir.


Muthohir menjalaskan kegiatan pembinaan ini merupakan tugas pokok dalam memelihara kamtibmas di wilayah Muntilan, karena fenomena akhir-akhir ini marak tawuran di kalangan pelajar SMP maupun SMA/SMK.


"Ini merupakan kegiatan preventif yang kami lakukan, diantaranya melakukan patroli pelajar, jika menemukan pelajar akan kita bawa ke polsek dan kita konfirmasi kepada guru dan orang tua," lanjutnya.


Muthohir menyebutkan ada sekitar 40 pelajar yang mendapatkan pembinaan dari beberapa SMA/SMK di wilayah Muntilan, Salam dan Ngluwar. Pembinaan ini, lanjut Muthohir tetap mengedepankan hak pelajar mendapatkan pendidikan di sekolah.


"Ini seperti ekstrakurikuler lah, mereka tetap bersekolah. Sepulang sekolah mereka mendapat pembinaan sikap dan penampilan seperti seragam sekolah kita tertibkan sesuai ketentuan sekolah. Lalu kerja sosial seperti bersih-bersih, kemudian mengaji dan salat berjamaah di musala Polsek Muntilan, setelah ashar mereka kembali ke rumah masing-masing," ungkapnya.


Muthohir berharap dengan dilaksanakannya pembinaan tersebut, para pelajar bisa lebih tertib, disiplin dan bertanggung jawab serta fokus kepada kegiatan sekolah. Ia juga mengimbau kepada seluruh pelajar di Kabupaten Magelang untuk tidak terlibat dengan kegiatan yang menjurus kepada hal kriminal.


"Khususnya untuk para pelajar jangan melakukan tawuran, bijak dan santun menggunakan media sosial, hindari narkoba dan tertib berlalu lintas," tegasnya.


Salah satu guru pendamping yang hadir memberikan apresiasi kepada Polsek Muntilan dengan pembinaan yang diberikan kepada siswanya. Pihaknya berharap tidak ada lagi pelajar yang melakukan tindakan indisipliner.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Polsek Muntilan atas pembinaan yang diberikan, yang jelas ini menjadi suatu pembelajaran bagi anak-anak. Kami juga melihat adanya perubahan dari siswa yang kami yakini ke depannya para siswa akan lebih baik lagi dan mereka menyesali perbuatannya. Ini juga demi kebaikan mereka, karena masa depan mereka masih panjang," tuturnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar