Rekapitulasi Daftar Pemilih, Banyak Kecamatan Salah Input Data

Dilihat 1632 kali
KPU Kabupaten Magelang gelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Jawa Tengah dan Pilbup Magelang. Pleno digelar di salah satu hotel di Magelang, Rabu (14/03).

BERITAMAGELANG.ID - KPU Kabupaten Magelang gelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Jawa Tengah dan Pilbup Magelang. Pleno digelar di salah satu hotel di Magelang, Rabu (14/03). 


"Kemudian hasil tersebut (rekapitulasi) nanti akan kita rekap di KPU," ujar Afiffudin, Ketua KPU Kabupaten Magelang di sela-sela Rapat Pleno Terbuka. 


Dari hasil rekapitulasi yang dilakukan, lanjut Afiffudin, KPU menemukan banyak koreksi dan revisi hampir di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang, beberapa diantaranya yakni Salaman, Borobudur, dan Mungkid.


"Kami berikan ruang untuk revisi, karena ruang yang paling tepat untuk melakukan revisi itu ya di ruang pleno," sambungnya. 


Menurut Afiffudin, banyaknya koreksi hampir di setiap kecamatan ini akibat kesalahan dalam menginput data, yakni berupa salah jumlah.


"Karena masih ada yang menjumlah dengan cara manual. Seharusnya menggunakan sistem komputer karena jumlahnya saking banyaknya," ujarnya. 


Setelah dilakukan revisi di masing-masing tingkatan, ternyata ada kekeliruan atau temuan dari Panwas, maka akan dibukanya di ruang pleno tersebut. Diharapkan hal tersebut dapat meminimalkan potensi-potensi jumlah atau angka-angka yang tidak tepat. 


"Perbaikan atau revisi tersebut akan diselesaikan pada hari ini juga, karena akan di tetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Jika koreksi dilakukan di luar pleno justru tidak tepat, jadi momen inilah yang tepat untuk melakukan koreksi," tegasnya. 


Selanjutnya pada 24 Maret 2018, DPS tersebut akan dicetak dan diumumkan melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar