PKK Kabupaten Magelang Fokus Kurangi Penggunaan Plastik

Dilihat 1631 kali
Seminar Publik Speaking Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang menghadirkan narasumber Fuzna Marzuqoh, Jumat (15/03).

BERITAMAGELANG.ID - Ibu - ibu PKK Kabupaten Magelang prioritaskan aksi pengurangan sampah plastik diawali dari keluarga.

Ketua TP PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin di acara Sosialisasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan di Pendopo Merapi Rumah dinas Bupati Magelang Jumat (15/03) mengatakan, Program pengurangan sampah itu sudah dilakukan di lingkungan PKK Kabupaten Magelang dengan konsep sederhana dan efektif. Seperti membawa botol minuman sendiri dari rumah saat bepergian.

"Membawa tempat minum sendiri seperti kembali ke masa lalu karena lebih ramah lingkungan. Monggo ibu ibu Tim Penggerak PKK jika mengadakan acara di desa maupun kecamatan bisa melakukannya. Ini sebagai bentuk edukasi masyarakat ini sudah mulai membawa tempat minum sendiri sendiri," ajak Tanti.

Pengurangan sampah plastik menjadi salah satu prioritas konsen dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

"Laut di Indoensia sampah plastiknya terbesar nomor dua di dunia. Banyak ikan - ikan yang tercemar. Khawatirnya nanti ikan yang kita makan ada plastiknya," ujarnya.

Selain mengurangi penggunaan plastik, fokus program PKK Kabupaten Magelang adalah menekan angka stunting anak - anak, peningkatan gizi anak dan ibu menyusui. Mengantisipasi malaria dan bencana.

Dalam acara tersebut juga digelar Seminar menarik bertajuk Public Speaking atau seni berbicara di hadapan umum.

Menurut pembicara, Fuzna Marzukoh SH, ilmu Public Speaking adalah, secara lisan untuk menyampaikan informasi sekaligus memengaruhi, mengajak dan mengubah opini kepada audiens secara nyaman. 

"Penampilan dan tindakan (penampakan) lebih dinilai lebih dahulu dari pada kata - kata untuk pergaulan agar memiliki kharisma membuka kans atau kesempatan sehingga kader PKK bisa mempengaruhi dan menyampaikan informasi pada masyarakat," kata Fuzna.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar