Training of Trainers, Upaya Bentuk Agen Literasi Digital

Dilihat 2366 kali

BERITAMAGELANG.ID - Gerakan Nasional Literasi Digital yang sudah dijalankan Kementerian Kominfo akan terus berlanjut tahun ini. Namun, target kegiatan ini akan dibuat lebih spesifik agar bisa menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan menggelar training of trainer (ToT) untuk menghasilkan agen-agen literasi digital.


ToT Literasi Digital dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang , Endra E. Wacana di Grand Artos Hotel, Selasa (12/4). Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan, Magelang merupakan salah satu fokus wilayah capaian dalam Kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital yang diluncurkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. 


"Teknologi informasi tidak hanya mengubah perilaku tapi juga bisa mengubah peradaban, ini yang harus kita jaga peradaban luhur sebagai orang Indonesia," ungkapnya. 


Setelah mengikuti kegiatan ini, ia berharap para peserta dapat mengoperasikan dan menerapkan ilmu dan juga skill untuk menerapkan kemampuan literasi digital lebih baik lagi.


Selain webinar Makin Cakap Digital, Kementerian Kominfo juga memiliki program Digital Talent Scholarship yang sekarang juga sedang dibuka. 


"Jadi, teman-teman sekarang silakan buka websitenya Digital Talent Scholarship di sana ada banyak sekali pilihan-pilihan (pelatihan), bahkan ada yang untuk mentor UMKM, digital analyst, pemasaran digital jadi nanti teman-teman bisa mendapatkan materi, sertifikat dan nantinya teman-teman juga bisa menjadi trainer untuk yang lainnya," imbuh Dosen FISIP Universitas Diponegoro, Lintang Ratri Rahmiaji saat menjadi narasumber ToT tersebut. 


Lintang yang juga penyusun kurikulum Literasi Digital Kementerian Kominfo mengungkapkan, saat ini pelatihan lebih difokuskan kepada ToT, sehingga bisa menghasilkan agen-agen literasi digital. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan angka literasi digital yang sampai saat ini masih di level sedang. 


"Kami sekarang sudah mulai segmented, kalau kemarin di webinar Makin Cakap Digital itu kami masih mengarah ke umum sekarang kami lebih segmented sehingga harapannya jauh lebih bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Silakan buka instagramnya Kemenkominfo dan Siber Kreasi di sana banyak sekali jenis pelatihan yang bisa dipilih," ujarnya.


Perwakilan Tim Literasi Digital Kementerian Kominfo, Febri menjelaskan, peserta ToT diharapkan bisa menyusun konsep pelatihan dengan menyasar target komunitas yang lebih spesifik. Konsep tersebut diajukan dalam bentuk proposal kegiatan Makin Cakap Digital yang akan diverifikasi oleh Tim Literasi Digital. Jika disetujui, Tim Literasi Digital Kementerian Kominfo akan memfasilitasi dan mendampingi kegiatan tersebut.


"Tidak hanya itu, kami harapkan peserta ToT kali ini juga bisa menjadi narasumber dalam pelatihan Makin Cakap Digital yang dia usulkan," tandasnya.


Dosen Universitas Islam Bandung, Santi Indra Astuti menambahkan, kompetensi literasi digital meliputi kemampuan mengakses informasi, mengelola informasi, mendesain pesan, memproses informasi, berbagi pesan, membangun ketangguhan diri, perlindungan data, dan kolaborasi.


"Karena media digital dapat digunakan untuk mengakses informasi, edukasi, bersilaturahmi, menjalin hubungan sosial, membangun relasi ekonomi bisnis, juga untuk hiburan dan mencari ide produktif yang bermanfaat," kata dia.


Kegiatan ToT Literasi Digital ini diikuti berbagai komunitas di Magelang, diantaranya pelajar, akademisi, UMKM, LSM, dan pegiat pariwisata.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar