Tumpeng Menoreh Jadi Juara Lomba Foto Destinasi Wisata Magelang

Dilihat 2006 kali
Pemenang lomba foto Daya Tarik Wisata (DTW) yang digelar Disparpora Kabupaten Magelang usai menerima hadiah, di Kantor TIC Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 490 foto mengikuti lomba bertema Daya Tarik Wisata (DTW) tahun 2021 yang digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang. Tingginya minat masyarakat untuk mengikuti lomba foto wisata, menunjukkan antusiasme warga dalam pengembangan pariwisata.


Dari ratusan foto tersebut, foto Tumpeng Menoreh karya Setiawan warga Kaliangkrik, Magelang menjadi juara 1, foto Air Terjun  Sumuran Seloprojo karya Muhammad Abdul Ghofur warga Kaliwungu Kendal juara II, dan foto Vepal van Java karya Henrycus Edi Wibowo juara III.


Juara pertama mendapat uang sebesar Rp2juta, juara II Rp1.500.000 dan juara III sebesar Rp1.250.000. Penyerahan hadiah untuk juara pertama dilakukan Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husen, di Kantor TIC (Tourist Information Centre), Jumat (11/6/2021).


Sedangkan Juara Harapan 1  karya Y Kusworo warga Pucang Secang (Rp 1 juta), Harapan II karya Devi Lesaldo Yuli Arianto, warga Purwodinatan, Semarang Tengah (Rp750 ribu), dan Harapan III Hadi Wiratama warga Gamping, Sleman, Yogyakarta (Rp500 ribu).


Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husen menyatakan, lomba foto bertema DTW, merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan semangat di sektor pariwisata, terutama di masa Pandemi Covid-19 ini. Harapannya, objek wisata tetap mendapat kunjungan wisatawan, dengan catatan tetap melakukan protokol kesehatan ketat.


“Lomba foto ini, sekaligus sebagai sarana promosi serta sosialisasi penerapan protokol kesehatan ketat dan penerapan CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Environment (ramah lingkungan) pada pelaku wisata di Kabupaten Magelang,” jelas Husen usai menyerahkan hadiah.


Artinya, pengelola destinasi wisata di Kabupaten Magelang, tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 


“Begitu juga wisatawan yang datang, juga harus mentaati aturan yang telah diterapkan oleh pemerintah,” jelas Husein.


Tujuan lomba ini juga untuk promosi wisata Kabupaten Magelang, khususnya lewat media sosial, dan meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata.


“Meningkatnya kunjungan wisata, diharapkan destinasi wisata bisa menggerakkan roda kepariwisataan, sehingga sektor wisata ikut memutar roda perekonomian masyarakat Magelang di tengah Pandemi  Covid-19 yang belum usai ini,” katanya.


Tim juri lomba foto DTW, merupakan tim yang independen dan profesional di bidangnya karena mereka sudah mengantongi sertifikasi uji kompetensi, yakni terdiri dari Edwar Alfian dari Pesona Magelang (Pesma), Ali Subchi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, dan Apih Supriyono dari  Genpi Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar