Warga Lereng Merapi Gelar Aksi Jumat Bersih Cegah Corona

Dilihat 1685 kali
Warga Lereng Merapi Kecamaatan Srumbung Kabupaten Magelang mencuci tangan dengan disinfektan sebelum salat Jumat.

BERITAMAGELANG.ID - Aksi Jumat bersih digelar masyarakat lereng barat Gunung Merapi Kabupaten Magelang untuk menghalau penyebaran Covid-19.


Aktivitas salat Jumat digelar seperti biasa. Azan berkumandang dan warga di kawasan rawan bencana Gunung Merapi ini kemudian terlihat memenuhi setiap masjid-masjid setempat.


Meski demikian, umat muslim petani Merapi ini tetap menjaga kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.


Seperti di Masjid Dusun Kedawung Desa Ngablak Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang yang mengantisipasinya dengan menyemprotkan cairan antiseptik ke setiap tangan para jamaah di pintu halaman masjid. 


Untuk efektivitas, sejumlah relawan ditempatkan untuk melayani aksi cuci tangan bersih itu.


"Ikhtiar, selain sudah berwudhu kita juga menyemprotkan cairan, semoga corona tidak ada di sini," kata relawan Pemuda Ansor Kecamatan Srumbung, Ahmad Saefudin, Jumat (20/3/2020).


Usai salat Jumat, Khotib kemudian memimpin doa bersama memohon keselamatan agar wabah Corona segera berlalu yang diamini seluruh jamaah.


Ahmad menceritakan, sejak pagi semua rumah dan fasilitas umum dari tingkat Dusun hingga Desa di wilayah Kecamatan Srumbung juga disemprot cairan disinfektan.


Secara swadaya warga membuat cairan disinfektan itu dari bahan-bahan yang mudah didapat seperti deterjen, pembersih lantai, dan pemutih pakaian. 


"Rumah, sekolah masjid sudah disemprot dan dipel sejak kemarin dan pagi tadi," tuturnya.


Aksi Jumat bersih mengantisipasi penyebaran Corona ini digelar serempak di 17 desa/kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Srumbung.


Adalah perangkat desa setempat yang melakukan tugas penyemprotan itu bersama semua unsur di Kecamatan Srumbung.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar