Disdagkop UKM Dropping Minyak Rakyat di Pasar Muntilan

Dilihat 1357 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang melakukan pengawasan dan dropping minyak rakyat/minyak subsidi yang diberi merek 'Minyak Kita' di Pasar Muntilan, Jumat (17/2).


Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Pantjaraningtyas Putranto menjelaskan, Minyak Kita merupakan subsidi dari DMO (Domestic Market Obligation).


"Di Kabupaten Magelang, kebetulan kami terima 240 karton/setara dengan 2.880 liter (Minyak Kita), kebetulan penyalurnya adalah CV. Pelita Hati," jelas Pantjaraningtyas di sela melakukan pengawasan dan dropping Minyak Kita di Pasar Muntilan bersama jajaran Forkopimcam Muntilan dan Tim Satgas Pangan.


Lanjut Pantjaraningtyas, dari 240 karton itu pihaknya segera mendistribusikan di pasar-pasar pantauan. Dari 17 pasar yang ada di Kabupaten Magelang, terdapat 3 pasar pantauan yaitu Pasar Muntilan, Salaman, dan Grabag.


"Hari ini kita sedang melakukan evaluasi pengawasan di Pasar Muntilan. Di masing-masing pasar ada 10 toko/kios yang akan dipantau terus hingga nanti hari besar keagamaan, sampai dengan lebaran nanti. Mudah-mudahan stok aman harga stabil khusus untuk minyak subsidi," harapnya.


Ia mengatakan, minyak subsidi ada dua macam yaitu minyak kemasan dengan merek Minyak Kita dan minyak curah. Pada minyak curah akan dipasang banner dengan tulisan 'dijual 14.000/liter/ Rp15.500/kg.


"Untuk minyak rakyat/subsidi kemasan, masyarakat hanya boleh membeli maksimal 2 liter saja dalam satu hari dengan harga Rp14.000/liter," tegasnya.


Disdagkop UKM Kabupaten Magelang memberikan dropping minyak rakyat kepada 10 kios di setiap pasar pantauan dengan kuota 7 karton di setiap kiosnya sementara ini. Kendati demikian, pihak Disdagkop telah bersurat kepada Kemendag untuk meminta tambahan sehingga menjadi 750 karton untuk droping minyak rakyat di Kabupaten Magelang.


"Sehingga di masing-masing pasar pantauan tidak hanya 10 kios saja yang mendapat dropping minyak rakyat dan bisa lebih merata, namun kembali lagi tergantung stok yang diberikan kepada kita," terangnya.


Distributor Minyak Tingkat II Pelita Hati, Yohanes Yuli menyebutkan, khusus untuk Pasar Muntilan hari ini telah dilakukan dropping minyak subsidi sebanyak 70 karton/840 liter. Untuk minggu depan, sesuai koordinasi dengan Disperindag akan dilakukan droping minyak di Pasar Salaman dan Pasar Grabag.


Salah satu pemilik kios sembako di Pasar Muntilan, Titin berharap agar kegiatan dropping minyak distribusi ini bisa lebih merata dan tidak hanya 10 kios saja yang mendapatkan.


"Harapan saya ya kalau bisa dropping minyaknya merata, kalau memang belum bisa merata, ya satu kios tidak usah tujuh karton tapi satu atau dua karton saja biar kios yang lainnya juga mendapatkan dropping minyak juga," ungkap Titin.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar