Bupati Magelang: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan Jaga NKRI

Dilihat 809 kali

BERITAMAGELANG.ID - Organisasi kepemudaan termasuk Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus bisa bersinergi, bergotong royong mengisi kemerdekaan serta menjadi garda terdepan dalam menjaga sekaligus mempertahankan NKRI. Hal ini ditekankan Bupati sekaligus Ketua DPD Korps Alumni KNPI Kabupaten Magelang, Zaenal Arifin pada acara Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Korps Alumni Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Se-Eks Karesidenan Kedu Masa Bakti 2022 - 2025 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, Sabtu (27/8/2022).


Zaenal Arifin menyampaikan organisasi Korps Alumni KNPI ini sebagai salah satu wadah menjalin kembali silaturahmi para tokoh muda KNPI masa yang lalu, yang saat ini telah menyebar dan berkiprah di berbagai semua sektor baik legislatif, eksekutif, yudikatif, pengusaha dan tokoh lainnya. 


"Dalam istilah bahasa Jawa dikenal dengan Ngumpulke Balung Pisah," kata Zaenal.


Lebih lanjut Zaenal mengatakan, meskipun usia para anggota Korps Alumni KNPI ini sudah tidak muda lagi namun semangat dalam menggelorakan nilai-nilai Pancasila masih tetap menggelora, sehingga sebagai pengurus DPD Korps Alumni KNPI Se-eks Karesidenan Kedu harus terus berkomitmen untuk bersinergi bersama komponen bangsa yang lain dalam memajukan masyarakat.


Korps Alumni KNPI harus terus berupaya dengan sungguh-sungguh, terutama dalam pengembangan wawasan kebangsaan, sehingga seluruh generasi muda mempunyai karakter yang sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.


Selain itu Zaenal juga menyampaikan bahwa kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat sekarang ini telah membawa dampak positif maupun negatif, sehingga perlu disikapi secara lebih bijaksana.


"Yang positif tentu harus kita terima untuk kemaslahatan, sedangkan yang negatif harus kita hindari, sehingga perlu filter yang cerdas, mana bisa memberikan manfaat dan mana yang memberikan mudhorot," tandas Zaenal.


Untuk diketahui dalam Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Korps Alumni Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Se-Eks Karesidenan Kedu Masa Bakti 2022 - 2025 ini diikuti oleh 6 daerah sekaligus antara lain Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Wonosobo, Temanggung, Purworejo dan Kebumen.


Ketua DPD Korps Alumni KNPI Provinsi Jawa Tengah, Hendrar Prihadi dalam sambutannya menyampaikan di dalam setiap prosesi pelantikan organisasi KNPI dirinya selalu mengingatkan satu hal kunci, jangan sampai pelantikan ini sekaligus pembubaran. Ia menekankan KNPI ini didirikan sebagai pengikat persatuan bangsa. 


"Kami berharap kepada rekan-rekan yang baru saja dilantik untuk bisa mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta gotong-royong untuk memperkuat bangsa," tegas Hendrar.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar