Bupati Magelang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61

Dilihat 798 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menyerahkan penghargaan gerakan Pramuka usai upacara peringatan hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicap) Pramuka Kabupaten Magelang, Zaenal Arifin memimpin upacara peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2022 yang diselenggarakan di lapangan Kecamatan Candimulyo, Selasa (30/8/2022).

Kamabicap Pramuka Kabupaten Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana ini telah genap berusia 61 tahun, sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

Pengabdian yang telah dilakukan ini adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Menurutnya hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat.

Semua bentuk pengabdian yang telah dilakukan ini juga sejalan dengan Kode Kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

"Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antargolongan," tegas Zaenal.

Zaenal juga mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19. Antara lain melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk patuh pada protokol kesehatan. 

"Pramuka sejati siap menolong siapa pun yang membutuhkan bantuan. Percayalah, apa yang kakak-kakak dan adi-adik lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kakak dan adik semua, yang semoga menjadi pahala yang dicatat kebaikannya," katanya.

Zaenal menambahkan, bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022. Jamnas tersebut dilaksanakan di Buperta Cibubur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022, dan diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dari gugus depan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri, dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara.

Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema 'Ceria, Berdedikasi, Berprestasi'. Ia berharap tema itu juga dapat diterapkan oleh semua anggota Gerakan Pramuka, terutama adik-adik peserta didik.

"Tahun ini juga akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya. Diantaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu. Marilah kita dukung dan ikut menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal Arifin juga menyerahkan penganugerahan tanda penghargaan gerakan Pramuka berupa lencana melati kepada Kaminem (Srumbung) dan Wachidah Aryani (Muntilan) sebagai (kakak pembina). Kemudian penerima penghargaan Pramuka Dharma Bakti, Siti Latifah (Borobudur) dan Mustamin (Srumbung). Dan tanda penghargaan gerakan Pramuka teladan, M Choirul Ikhsan (Candimulyo).

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar