Kirab Gunungan Meriahkan Hari Jadi Pasar Desa Podosuko Ke-28 Tahun

Dilihat 955 kali
Pengunjung Kirab berebut Gunungan Hasil bumi

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Jadi yang ke- 28 Pasar Desa Podosuko, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang cukup meriah. Kemeriahan semakin seru  dengan digelarnya kirab Gunungan sayur dan jajanan pasar pada Minggu 18/09/2022. Kepala Desa Podosuko, Tuban Subagyo menjelaskan bahwa pasar Podosuko secara resmi didirikan pada tanggal 15 September 1994.

"Dulu pasar ini diperjuangkan oleh sesepuh desa. Awalnya pasar ini berada di Dusun Bulu Kidul dan pindah ditanah kas desa saat ini dengan harapan supaya para pedangang bisa menjual daganganya dan bertransaksi dipasar ini," jelasnya.

Lebih Lanjut Tuban mengatakan bahwa pendirian pasar desa ini adalah untuk mempermudah masyarakat Desa Podosuko berdagang dan bertransaksi.

"Kita berpikir bahwa desa Podosuko jauh dari pasar, katakanlah Pasar Muntilan hal itulah maka kita bisa menjaga dan melestarikan Pasar Podosuko untuk sarana pedagang di Podosuko supaya tidak terlalu jauh atau ada sesuatu yang mau dibeli tidak jauh," lanjutnya

Sementara Itu Ketua Bumdes Podosuko sekaligus panitia kegiatan Haryono menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat dimana pasar Podosuko ini sudah berdiri selama 28 tahun.

"Yang dulu diresmikan oleh Bupati Magelang, Bapak Kardi, dan ini yang pertama diadakan Hari Jadi ini dengan harapan nguri-uri budaya dan sebuah doa supaya pasar ini punya daya tarik, lebih maju dan diminati oleh masyarakat," harap Haryono.

Dalam kirab Tumpengan tersebut diikuti oleh perwakilan warga, Bumdes dan pedagang pasar Podosuko, selain itu juga menghadirkan berbagai kegiatan seperti arak-arak( Karnaval Budaya), Potong Tumpeng, Fashion Show dan pentas seni Soreng anak anak.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar