Gerakan Minum Jamu Digelar Untuk Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Dilihat 1913 kali

BERITAMAGELANG.ID - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan Gerakan Minum Jamu di Jawa Tengah harus dimaksimalkan lagi. Ia meminta agar para peneliti tentang jamu bisa menjelaskan dan mengedukasi masyarakat bahwa minum jamu sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.


"Supaya nanti kita semua juga bisa minum jamu dalam negeri. Jamune payu awake sehat (jamunya laku badannya sehat). Apabila itu nanti diberikan kepada para tenaga kesehatan maupun pelayan publik maka akan sangat-sangat bermanfaat," tutur Ganjar dalam event daring Gerakan Minum Jamu Jawa Tengah, Jumat (18/6/2021).


Pada kesempatan ini, Ganjar juga mengingatkan kembali kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker pada saat melakukan aktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.


Ia menyebutkan di Pulau Jawa saat ini sedang terjadi trend kenaikan kasus Covid-19 yang cukup signifikan, yang harus segara ditangani dengan sungguh-sungguh. Ia meminta seluruh lapisan masyarakat untuk saling mengingatkan agar selalu menerapkan 3M.


"Edukasi masyarakat terus-menerus jangan sampai bosan, ajak tokoh agama, tokoh masyarakat, untuk menyiarkan kepada publik ‘ora usah kelayaban sik' (tidak usah pergi dulu) maskernya wajib, kalau duduk juga pakai jarak, pesta-pesta ditunda dulu, keramaian ditunda dulu, di zona merah sekolah-sekolah seko omah wae (dari rumah dulu), pokoknya kita harus kompak, kita harus bersatu," tegas Ganjar.


Sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Magelang diwakili Sekretaris Daerah Adi Waryanto juga mengikuti kegiatan ini.


Adi Waryanto mengatakan, minimal ada dua hal yang menjadi implikasi atau dampak positif dari minum jamu, yang pertama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan atau imun tubuh terutama di masa pandemi covid-19 dan ikut membantu pertumbuhan UMKM.


"Sehingga UMKM khususnya jamu bisa senantiasa terus berjalan, berkembang, termasuk juga membantu kesejahteraan para petani karena bahan dasar jamu ini berasal dari empon-empon," kata Adi usai mengikuti kegiatan Gerakan Minum Jamu melalui zoom meeting dari Ruang Command Center Setda Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar