Libur Lebaran, Air Terjun Sumuran Ramai Pengunjung

Dilihat 270 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pesona air terjun Sumuran yang cantik mejadi daya tarik bagi para wisatawan selama libur hari raya Idulfitri 2024. Ketua pengelola objek wisata air terjun Sumuran Seloprojo, Ngatangin mengatakan pengunjung wisata air terjun Sumuran selama libur lebaran mengalami peningkatan. Rata-rata 500-600 pengunjung setiap hari selama liburan lebaran tahun 2024.


"Pengunjung berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah," kata Ngatangin, Sabtu (13/4/2024).


Air Terjun Sumuran yang tingginya sekitar 40 meter dan terletak di ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl. Posisinya tepat di bagian lereng dari Gunung Telomoyo. Di area bawah, lokasi air terjun terdapat dua buah kolam yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berenang. Pinggiran kolamnya terdapat patung yang dapat memancarkan air, mulai dari kolam atas ke kolam bawah. Kolam atas bisa digunakan untuk orang dewasa dan kolam bawah digunakan untuk anak-anak.


Jika biasanya aliran air terjun sumbernya adalah dari sungai, maka air terjun ini sumbernya adalah dari mata air berukuran besar yang lokasinya ada di atas keberadaan air terjun.


"Mata air tersebut bentuknya bulat dan tampak seperti sumur yang berkedalaman kurang lebih 20 meter," papar Ngatangin penuh semangat.


Kondisi air di Air Terjun Sumuran begitu jernih, sehingga masyarakat setempat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan dalam sehari-hari. Selain itu, airnya juga digunakan untuk sumber pengairan bagi sawah.


"Menariknya, mata airnya tidak pernah habis, karena selalu mengalir di sepanjang tahun dan selalu jernih," imbuhnya.


Lebih lanjut Ngatangin mengatakan, pada mulanya, nama air terjun yang ada di Magelang ini lebih dikenal dengan Air Terjun Seloprojo. Di tahun 1987, Solikhin yang pada waktu itu merupakan Bupati Magelang, berencana ingin membuat air terjun tersebut sebagai salah satu destinasi wisata.


Nama air terjun Seloprojo kemudian diganti menjadi air terjun Sumuran. Kemudian nama baru yang dibuat oleh Bupati Solikhin disetujui oleh semua pihak. Hingga akhirnya dibangunlah sejumlah fasilitas. Hingga 2024 ini sudah dilakukan dua kali pembangunan dan renovasi agar kawasan wisata semakin cantik.


Lokasi Air Terjun Sumuran berada di Kabupaten Magelang tepatnya di desa Seloprojo Kecamatan Ngablak. Pada liburan lebaran 2024 ini, wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan yang berangkat dari arah Magelang bisa belok kanan ketika sudah sampai di pertigaan Grabag. Setelah itu, jika telah berada di Desa Pagergunung bisa mengikuti papan petunjuk menuju ke lokasi yang terdapat di kiri jalan.


Sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan gunung, hutan pinus, dan sawah. Sementara itu, wisatawan yang berangkat dari arah Salatiga atau Kopeng bisa mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Magelang. Kemudian mengikuti petunjuk jalan ke arah Dusun Dalangan. Dari dusun tersebut bisa melanjutkan perjalanan ke arah Grabag dan mengikuti papan petunjuk jalan menuju ke lokasi.


Setelah sampai di tempat parkir Air Terjun Sumuran, wisatawan masih harus berjalan kaki kurang lebih 10 menit melewati jalanan setapak. Meskipun melelahkan, namun sepanjang jalan ke air terjun, pemandangan di sekitarnya seolah membuat rasa lelah wisatawan terasa hilang. Perjalanan yang ditempuh akan melewati perkebunan hortikultura dan hutan pinus.


Saat liburan lebaran tahun ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan air terjun yang ada di Desa Seloprojo Ngablak tersebut dengan harga tiket masuk Rp5.000 per orang. Lokasi tempat penjualan tiket masuk berada di area tempat parkir, 10 menit sebelum sampai di lokasi air terjun. Bagi pemotor yang berboncengan 2 orang membayar Rp10.000, dan Rp2.000 untuk parkir.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar