Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Magelang 2022 Dibuka

Dilihat 1383 kali
BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah, Adi Waryanto bersama Ketua (Kwarcab) Kwartir Cabang Kabupaten Magelang, Eko Triyono dan Forkompimcam Kecamatan Windusari membuka Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Magelang Tahun 2022 di SMP Negeri 2 Windusari, Desa Genito, Kecamatan Windusari, Jumat (30/9/2022).

Adi Waryanto menyampaikan, pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan generasi muda untuk berkontribusi nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Kegiatan Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang ini, menjadi satu hal yang penting untuk dilaksanakan. Oleg karena itu Adi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kwartir Cabang Kabupaten Magelang yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan ini.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi media dalam membangun karakter anak-anak Kabupaten Magelang yang disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, bersemangat kebangsaan, peduli lingkungan, peduli sosial, serta bertanggungjawab," kata Adi.

Ia berharap melalui Lomba Tingkat III Penggalang ini, dapat membangun manusia yang berkarakter, memiliki watak atau karakter muda cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan, serta bisa menciptakan generasi muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, dan mempunyai komitmen dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya kegiatan ini sebagai implementasi dari program pembinaan karakter yang sudah sewajarnya mulai ditanamkan kepada para generasi muda sejak usia sekolah, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi Pramuka Penggalang.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Tingkat III Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Magelang, Moch Romadhon menyampaikan diselenggarakannya Lomba Tingkat Penggalang Tiga (LT-III) Kwarcab Kabupaten Magelang sebagai ajang pertemuan regu-regu pramuka penggalang dari berbagai satuan pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam perlombaan.

Tujuan diadakan Lomba Tingkat Penggalang III ini untuk membina dan mengembangkan kode kehormatan, yang berupa janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka serta memumpuk persaudaraan dan persatuan dikalangan pramuka Penggalang. 

Lebih lanjut, Romadhon menjelaskan peserta lomba tingkat III Penggalang sudah mengikuti seleksi pada lomba tingkat II dari Kwartir Ranting masing-masing, dengan jumlah peserta lomba tingkat III tahun 2022 terdiri dari, 20 regu putra, dan 19 regu putri yang dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai dengan 2 Oktober 2022.

Setiap regu yang mencapai prestasi tertinggi pada setiap kegiatan akan mendapatkan Vandel kejuaraan, Regu terbaik 1 akan mendapat vandel berwarna merah dan sekor 4, Regu terbaik 2 akan mendapatkan vandel berwarna kuning dan sekor 3, Regu terbaik 3 akan mendapatkan vandel berwarna hijau dan skor 2. bagi regu yang mendapat akumulasi skor terbanyak 1, 2, dan 3 akan mendapatkan Trofi Kejuaraan, sedangkan bagi regu yang memperoleh sekor terbanyak 1 akan dikirim mewakili Kwarcab Kabupaten Magelang pada lomba tingkat IV di Kwartir Daerah Jawa Tengah yang akan berlangsung pada tanggal 28 November sampai 2 Desember tahun 2022 di Semarang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar