Pemkab Magelang Gelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2023

Dilihat 3340 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan RPJMD dan RKPD perlu disusun dengan usulan-usulan kegiatan sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Sekretariat Daerah Tahun 2024 melalui forum perangkat daerah untuk menampung usulan dari pemangku kepentingan. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.


"Pemangku kepentingannya, di samping dari internal sekretariat daerah juga dari kecamatan," kata Adi saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2023, di Ruang Cemerlang Setda Kabupaten Magelang, Rabu (8/2/2023).


Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-Perangkat Daerah), merupakan dokumen perencanaan Perangkat Daerah untuk periode 1 (satu) tahun. Sebagaimana disebutkan pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, bahwa Renja Perangkat Daerah disusun dengan berpedoman kepada Renstra Perangkat Daerah dan mengacu kepada rencana kerja pembangunan yang memuat Kebijakan, Program, dan Kegiatan Pembangunan. Baik yang dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.


Penyusunan Dokumen Renja Tahun 2024 merupakan momentum yang sangat penting karena dalam penyusunan program dan kegiatan dari semua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang, bisa sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menjawab permasalahan yang dihadapi, serta harus mengedepankan efesiensi dan efektivitas penggunaan anggaran untuk mewujudkan Misi Bupati yang ke 3, yaitu 'Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Amanah’.


"Kebutuhan program kegiatan (yang diusulkan) akan memecahkan solusi, namun demikian harus mempertimbangkan efektivitas efisiensi penggunaan anggaran, artinya kemampuan keuangan daerah juga menjadi pertimbangan," kata Adi.


Dalam upaya mewujudkan misi dan sasaran strategis tersebut maka perlu diambil langkah-langkah, antara lain meningkatkan koordinasi secara lebih matang antar perangkat daerah terkait tugas dan fungsi masing-masing. Kemudian harus lebih mencermati regulasi yang berlaku untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaannya, melakukan pemantauan serta evaluasi dan monitoring secara berkala untuk mengantisipasi kemungkinan kesalahan dan penyimpangan.


"Kemudian, libatkan seluruh komponen ASN sesuai tugas dan fungsinya secara optimal dan gunakan anggaran seefektif dan seefisien mungkin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal," pesannya.


Adi juga berharap kepada para peserta kegiatan Forum Perangkat Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2023 untuk dapat memberikan masukan dan saran dalam pelaksanaan pembangunan di Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar