Pendaftar Panwascam Pemilu Tembus 600 Orang

Dilihat 1355 kali
Suasana Kantor Bawaslu Kabupaten Magelang pada hari terakhir penutupan pendaftaran Panwascam Pemilu 2024.

BERITAMAGELANG.ID - Hari terakhir pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bawaslu Kabupaten Magelang, pada Selasa (27/9/2022) tembus lebih dari 500 orang pendaftar. Rekrutmen Panwascam dibuka sejak 21 September 2022. Pengumpulan berkas pendaftaran di Kantor Bawaslu Kabupaten Magelang hingga sore hari masih dipenuhi dengan masyarakat pendaftar Panwascam, yang akan melakukan input data berkas pendaftaran.


"Hingga penutupan pendaftaran pada pukul 17.00 WIB, total berjumlah 616 orang pendaftar, hal ini di luar prediksi kami. Dengan presentase 56 persen laki-laki dan 44 persen perempuan," ucap Ketua Pokja Pendaftaran Panwascam, M. Yasin Awan Wiratno, saat ditemui di Kantor Bawaslu Kabupaten Magelang, Selasa (27/9/2022).


Selanjutnya, Bawaslu akan melakukan verifikasi, terkait dengan persyaratan, seperti usia minimal 25 tahun, dan berkas lainnya yang belum sesuai dengan ketentuan. Setelah verifikasi akan dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi, lalu dilakukan test dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di SMA Kota Mungkid, yang rencana dilakukan dalam empat gelombang.


"Dengan soal dari provinsi, yang akan menyaring enam orang per kecamatan untuk lanjut ke tahapan wawancara, yang kemudian diambil tiga orang saja sebagai Panwascam," papar Awan.


Selain itu, banyak pula pendaftar dari kalangan pemerintahan, diantaranya adalah perangkat desa, yang memang diperbolehkan mendaftar, namun harus mengundurkan diri apabila terpilih masuk menjadi Panwascam.


"Dasar tersebut dari Juklak Bawaslu Kabupaten Magelang, Nomor : 169/KP.01.00/JT-16/09/2022 tentang Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan Dalam Rangka Pemilu Serentak 2024," ungkap Awan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar