Puluhan Biksu Thudong Tiba di Candi Borobudur

Dilihat 1655 kali
Para bhikkhu thudong mengakhiri perjalanannya di Candi Borobudur, Senin (20/5/2024).

BERITAMAGELANG.ID - Puluhan Biksu Tudong tiba di candi Borobudur pada Senin, (20/5/2024) siang. Mereka telah menempuh perjalanan sejauh 60 km dari Semarang. Tahun ini merupakan yang kedua kali para biksu melakukan perjalanan Thudong menjelang Waisak.


Para biksu yang melakukan perjalanan spiritual ini berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Korea, dan Indonesia. Perjalanan ini dipimpin Bhante Kamsai Sumano Mahathera.


Mereka masuk kawasan candi melalui pintu gerbang Kalpataru sekitar pukul 13.53 WIB. Selanjutnya mereka menuju ke restoran Manohara untuk melepas lelah, sebelum naik ke bangunan candi. Minuman dan makanan ringan sudah disediakan panitia untuk disantap para biksu, sekaligus memulihkan stamina.


Bhante Kamsai mengatakan, selama melakukan perjalanan thudong, dirinya merasa mendapatkan banyak hal baru. Salah satunya, masyarakat di sepanjang perjalanan selalu menyambut mereka, terutama anak-anak sekolah.


"Semua tahu ada thudong, kemudian menyambut," ujarnya.


Hal itu menjadi satu hal untuk meningkatkan persaudaraan, kerukunan dan anan kiri menjadi saudara.


"Ini menambah semangat bagi kami," lanjutnya.


Yang mengesankan, dirinya pernah berangkat jam 5 pagi dari suatu tempat. Sampai di jalan, rombongan kaget karena banyak bunga mawar sebagai bentuk sambutan.


"Itu artinya mereka menyambut kedatangan kami udah sejak sebelum jam 5. Kami merasa diterima, minuman, makanan, buah-buahan, sandal, obat-obatan, semua gotong royong, tidak hanya dari umat Buddha saja. Tapi semua masyarakat seolah mendukung biksu thudong berjalan menuju Candi Borobudur dengan selamat," imbuh Bhante Kamsai.


Menyinggung tentang cuaca yang saat ini sedang panas, Bhante Kamsai mengatakan, rombongan punya trik agar tidak kelelahan, yakni berjalan sejauh 5-7 km kemudian istirahat, begitu seterusnya. Apabila cuaca dinilai akan terik, maka rombongan akan berangkat lebih pagi pukul 05.00 WIB.


Salah satu bhikkhu thudong dari Thailand, Phraathikan Suphit yang baru pertama kali ikut thudong mengaku tidak menyangka, karena ternyata Indonesia seperti ini. Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, menyambut para bhikkhu thudong dengan suka cita. 


GM PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Jamal Mawardi yang juga ikut menyambut kedatangan bhikkhu thudong mengatakan, pihak TWCB menyambut kedatangan mereka, sebagai apresiasi atas perjalanan mereka dari Semarang dan berakhir di Candi Borobudur. Mereka yang menyambut beberapa diantaranya dari DPP Walubi, Walubi Jateng, Pemkab Magelang dan juga In Journey.


Berbeda dengan ahun lalu dimana penyambutan dilakukan di gerbang Kalpataru, namun karena faktor cuaca maka mereka disambut di restoran Manohara. 


Para bhikkhu thudong mengakhiri perjalanan mereka dengan melakukan pradaksina di struktur candi dan berdoa.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar