Sekda Dorong Peningkatan Kinerja dan Mutu Layanan Publik

Dilihat 601 kali
Sambutan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dalam Bimtek peningkatan kinerja pelayanan publik menuju pelayanan prima di Sevilla Resort Selasa, (23/04/240)

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Prima bagi petugas di Mal Pelayanan Publik setempat.


Bimtek ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Bimtek ini digelar dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada Selasa-Rabu (23-24 April 2024) dan Gelombang II pada Kamis-Jumat (25-26 April 2024).


Kegiatan yang diselenggarakan di Sevilla Resort ini bertujuan membentuk para peserta agar dapat memberikan pelayanan kepada publik menjadi lebih baik sesuai dengan amanat Undang Undang. Selain itu agar dapat meningkatkan kinerja peserta terkait pelayanan publik. Peserta yang berasal dari tenant-tenant Mal Pelayanan Publik tampak antusias mengikuti kegiatan bimbingan teknis tersebut.


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mendorong mutu pelayanan di wilayahnya agar terus ditingkatkan. Melalui bimtek ini ia mengajak para stakeholder yaitu dari instansi pemberi layanan di MPP Kabupaten Magelang, serta ASN dan non ASN pada DPMPTSP untuk terus meningkatkan mutu layanan.


"Karena akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakat sehingga harus didorong oleh standar pelayanan," ucap Adi Waryanto dalam sambutannya.


Sekda juga berharap bimtek ini menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan standar pelayanan publik di Kabupaten Magelang.


Narasumber yang dihadirkan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tidar Magelang. Materi yang disampaikan meliputi Strategi dan Praktek Terbaik Pelayanan Prima, dilanjutkan dengan Personal Etiquette Berbasis Keterampilan Sosial Emosional.


Narasumber Kenyo Kharisma Kurniasari menyebutkan pelayan publik bertanggung jawab atas kualitas layanan, memberikan aksesbilitas, punya responsivitas, transaparan, mampu memberikan informasi, dan bersikap ramah. Pelayan publik juga perlu memahami perilaku pelanggan yang meliputi budaya, lingkungan sosial, karakter pribadi, dan situasi dan konteks. 


"Itulah yang dinamakan hospitality. Elemen utama dalam pengaplikasian hospitality adalah respect, understanding, listening, responding, dan serving," jelasnya.


Selanjutnya strategi menangani komplain atau keluhan disampaikan oleh Retno Dewi Pramodia. Komplain juga sering dikaitkan dengan pelayanan publik. Munculnya komplain bersumber dari beberapa sebab diantaranya ketidakpuasan pelanggan atas produk atau jasa, pelayanan tidak efisien, tidak tepat waktu, ketidakramahan, ketidaksopanan, penyedia layanan kurang responsif terhadap kebutuhan pelanggan, sehingga keinginan dan harapan tidak terpenuhi. 


"Komplain perlu didengarkan dengan penuh perhatian, menunjukkan empati, meminta maaf, mengidentifikasi akar permasalahan, memberikan solusi, ikuti proses yang berlaku, menunjukkan rasa terima kasih, dan menindaklanjuti komplain," pesannya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar