LIPI Serahkan 1.000 Bibit Durian Montong

Dilihat 1652 kali
Hardi Julendra, LIPI (pakaian batik) dan Hari Purnomo, DPR RI (kemeja putih) serahkan bibit durian Montong pada warga Desa Surodadi Candimulyo Magelang, Jawa Tengah, Jumat (23/03)

BERITAMAGELANG.ID - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan bantuan berupa 1.000 bibit durian Montong dan duku kepada warga Desa Surodadi, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (23/03).


Kepala Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI, Hardi Julendra mengatakan, sebelum memberikan bantuan, LIPI sudah melakukan penelitian terlebih dahulu. Terkait bantuan bibit Durian Montong dan duku, kontur tanah di Desa Surodadi, Candimulyo tersebut memang sangat memenuhi syarat.


"Kita sudah melakukan diseminasi, yakni melakukan sosialisasi dan riset-riset LIPI kepada masyarakat. Dan kami juga ditantang oleh DPR RI, yang sudah bisa diberikan kepada masyarakat untuk segera saja diberikan, nah salah satunya adalah memberikan bantuan berupa 1.000 bibit durian Montong dan duku ini," ujar Hardi, di sela-sela penanaman bersama bibit pohon durian Montong dan duku di desa Surodadi (23/03).


Hardi melanjutkan, kerja sama semacam ini dengan DPR RI sudah hampir terlaksana di seluruh Indonesia, terutama dengan DPR RI Komisi VII yang membidangi masalah Iptek, dan LIPI merupakan salah satunya.


"Nanti kita juga akan memberikan bimbingan teknis kepada warga mengenai cara membuat pupuk organik," lanjutnya.


Sementara Anggota DPR RI Komisi 11 Fraksi Gerindra yang hadir dalam kesempatan tersebut, Hari Purnomo mengatakan membangun suatu daerah tidak selalu mengenai pembangunan infrastruktur saja, tetapi bisa berupa kemitraan dan pemberdayaan.


"Hal ini juga harus sesuai dengan kegiatan pokok dan kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Seperti masyarakat di tempat ini yang bertani, dan berkebun, terutama menanam pohon durian," tutup Hari.


Dalam kesempatan yang sama, pihak Pemerintah Kabupaten Magelang, diwakili Sucahyo Edi Purnomo, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat mengapresiasi bantuan yang telah diberikan kepada warga Desa Surodadi.


"Kami berharap apa yang telah diberikan kepada warga Desa Surodadi ini dapat bermanfaat serta dapat menumbuhkembangkan perekonomian di daerah tersebut, melalui pertanian buah durian yang sudah menjadi ikon di wilayah Kabupaten Magelang," pungkas Sucahyo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar