Wilayah Kajoran Dan Grabag Dilanda Angin Kencang

Dilihat 1491 kali
Rumpun pohon bambu tumbang di Kecamatan Grabag akibat angin kencang, Jumat (12/3/2021)

BERITAMAGELANG.ID - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah kejadian bencana di Kecamatan Grabag dan Kajoran Kabupaten Magelang, Jumat (12/3/2021).


Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun sejumlah pohon dan rumpun bambu tumbang di beberapa titik wilayah Kecamatan Grabag dan Kajoran. 


"Kejadian angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB disertai hujan intensitas sedang-lebat," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, Jumat (12/3/2021).


Disebutkan Ediy, hasil kaji cepat di lapangan mencatat sebanyak lima lokasi bencana wilayah Kecamatan Grabag.


Lokasi pertama di Dusun Bono, Desa  Baleagung, Kecamatan Grabag. Di tempat ini satu rumah rusak ringan tertimpa rumpun bambu tumbang. Kemudian di Dusun Pesidi Desa Pesidi dan Dusun Sujan, Desa Salam, pohon tumbang menutup akses jalan.


Kejadian angin kencang juga terjadi di Dusun Ngelo, Desa Pucungroto, Kecamatan Kajoran. Sedikitnya 19 rumah rusak ringan tertimpa pohon tumbang.


Kemudian di Dusun Patran, Desa Sangen, Kecamatan Kajoran tercatat 15 rumah rusak ringan di bagian atap berhamburan dan rumah tertimpa pohon.


"Berdasarkan kaji cepat yang dilakukan BPBD, Dampak dari pohon yang tumbang tersebut, setidaknya terdapat 34 rumah rusak ringan," ujar Edy.


Selain itu pohon tumbang juga menimpa jaringan lstrik PLN dan menutup akses jalan di beberapa titik lokasi di Kecamatan Grabag dan Kajoran. Upaya penanganan darurat oleh BPBD adalah kaji cepat dan berkoordinasi dengan PLN dan Pemdes setempat. 


Proses pembersihan langsung dilakukan secara gotong royong. Namun karena kondisi sudah malam dan hujan ringan masih mengguyur proses pembersihan material akan dilanjutkan besok Sabtu (13/3/2021). 


"Kerja bakti penanganan darurat pohon tumbang oleh BPBD, Satpol PP, Relawan dan warga," jelas Edy.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar