20 Anak Penyandang Cerebral Palsy Terima Bantuan Kursi Roda Adaptif Dari Australia

Dilihat 1251 kali

BERIITAMAGELANG.ID-Pemerintah Australia bekerjasama dengan Yayasan Wheelchair For Kids Australia memberikan bantuan berupa kursi roda adaftif sebanyak 340 unit bagi anak penyandang Cerebral Palsy di Jawa Tengah, dimana 20 (dua puluh) unit di antaranya diperuntukan bagi Penyandang Cerebral Palsy Kabupaten Magelang. Sebelumnya, Pemprov Jateng sudah melakukan penyerahan simbolis kursi roda adaftif pada hari senin (28/8) lalu di Aula Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan penyerahan di Kabupaten Magelang telah dilakukan pada hari Rabu sampai dengan Jumat (6 - 8 September 2023) bertempat di Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Kumuda Putera Puteri, Kota Magelang.

Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi SH, MM. sangat mengapresiasi serta mendukung kolaborasi antara Pemprov Jateng dengan Pemerintah Australia dan Yayasan Wheelchair For Kids dari Australia.

Menurutnya kolaborasi semacam ini sangat didambakan semua pihak untuk meringankan beban penyandang CP dan keluarganya. Sementara anggaran pemerintah belum mencakupi untuk pengadaan kursi roda adaftif bagi Penyandang Disabilitas Cerebral Palsy.

"Saya sangat berterimakasih kepada Pemprov Jateng yang sudah melakukan kolaborasi dengan Yayasan Wheelchair For Kids Australia dan telah membantu penyandang Cerebral Palsy Kabupaten Magelang berupa 20 (dua puluh) unit.

Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi semua anak CP dan juga orang tuanya, apalagi kursi roda tersebut didesain khusus sesuai ukuran dan kondisi masing-masing sehingga benar-benar nyaman dipakai. Semoga kolaborasi dan kerja sama ini terus berlanjut agar para anak Cerebral Palsy semakin bisa berkembang dan menjalankan aktifitas harian dengan baik," kata Bela.

Kepala Bidang Rehab Dayasos Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Muntoha S Sos, megatakan ketika memperoleh informasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah langsung melakukan koordinasi dengan TKSK untuk memastikan data penerima manfaat dan memastikan kehadirannya dan keluarganya. Juga berkordinasi dengan Kepala Desa untuk memfasilitasi antar jemput dengan mobil ambulance.

"Begitu mendapat informasi bantuan penyaluran kursi roda adaftif, saya sangat terharu karena penyandang CP sangat membutuhkan. Harapannya kelak masih ada bantuan semacam ini agar anak-anak Cerebral Palsy yang lain juga bisa mendapatkannya. Saya merasa berterima kasih pada semua pihak yang membantu dan memberikan bantuan kepada penerima manfaat," ujarnya.

Lebih jauh Muntaha menjelaskan bahwa Penerima manfaat bantuan itu tersebar di tujuh Kecamatan dari 21 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Muntaha merinci penerima manfaat itu berasal dari Kecamatan Bandongan 2 orang, Kecamatan Borobudur 3 orang. Kecamatan Grabag 6 orang. Kecamatan Muntilan 1 orang, Kecamatan Secang 5 orang, Kecamatan Srumbung 2 orang, dan Kecamatan Tempuran 1 orang.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar