Ayo Gemar Makan Ikan!

Dilihat 2306 kali
Dispetrikan Kabupaten Magelang dalam kegiatan kampanye gemar makan ikan dalam rangkaian kegiatan HUT ke 34 Kota Mungkid

BERITAMAGELANG.ID - Target peningkatan angka konsumsi ikan (AKI) Kabupaten Magelang Jawa Tengah terus meningkat dalam 2 tahun terakhir, hal tersebut sebagai gambaran masyarakat Kabupaten Magelang berupaya menjadikan ikan sebagai makanan pokok sehari-hari.


"Pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat agar mengonsumsi ikan karena ikan adalah sumber gizi yang terjangkau," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang, Sri Hartini, saat kegiatan Kampanye Gemar Makan Ikan Bagi Masyarakat, Rabu (15/30) pagi di RM Kampung Ulu, Ngrajek, Mungkid.


Dalam kegiatan tersebut juga ditebarkan 7.000 benih ikan di Sungai Elo. Benih dari Dispeterikan Kabupaten Magelang dan juga dari Dinas Perikanan Provinsi Jateng sebanyak 692 ribu ekor. Yang seru, tebar benih ikan dilaksanakan di sela-sela kegiatan arung jeram di Sungai Elo.


"Kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat, yaitu larangan menangkap ikan dengan cara yang tidak benar, seperti diracun, memakai setrum listrik, bahan peledak dan sejenisnya. Komunitas pemancing juga kami undang dalam kegiatan ini, tujuannya adalah agar informasi tersebut dapat disebarluaskan kepada sesama komunitas hobi memancing, agar ketersediaan bibit ikan di sungai menjadi lestari," papar Sri Hartini.


Sri Hartini menambahkan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka HUT ke 34 Kota Mungkid, selain itu rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Gerakan Minum Susu dan Telur (Gerimislur) dan Gemar Makan Ikan di Kecamatan.


"Kami sudah menyiapkan 3.000 ikan untuk dibagikan kepada Kecamatan yang mempunyai program Gemar Makan Ikan, dengan sasaran sekolah PAUD, TK, RA, SD, MI serta Posyandu," 


Acara tersebut juga dihadiri Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto dan Forkopimda Kabupaten Magelang, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jateng, Lalu Safriyadi.


"Dengan peningkatan kosumsi ikan, selain asupan gizi masyarakat meningkat, hal tersebut juga berdampak pada penyerapan produk perikanan sehingga meningkatkan industri perikanan nasional, mengingat bangsa kita adalah bangsa maritim," imbuhnya.


Menurut data dari Dispeterikan Kabupaten Magelang, target 2016 adalah 15 kg/kpt/th yang terealisasi 15,05, pada 2017 ditargetkan 15,5 kg/kpt/th terealisasi 15,68, dan pada 2018 menjadi 15,75.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar