Bantu Korban Covid-19, Lakukan Padat Karya

Dilihat 1856 kali
Pekerja padat karya revitalisasi drainase di Jalan Keprean-Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 78 warga korban Pandemi Covid-19 di tiga desa di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, mengikuti program padat karya yang digagas oleh Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Propinsi Jawa Tengah, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY Direktorat Jendral Bina Marga, Kementrian Pekerjaan dan Perumahan Umum. Padat karya yang dilakukan, berupa revitalisasi drainase di Jalan Keprekan-Borobudur, mulai Rabu (26/8/2020) hingga akhir September mendatang.


"Tiga desa yang dilibatkan, terdiri dari Desa Paremono, Pabelan dan Desa Ngrajek. Untuk pengerjaannya, ada dua tipe kegiatan. Meliputi, pembersihan saluran dan pemasangan batu dengan mortar. Dua tipe pengerjaan ini, semuanya dikerjakan di Jalan Keprekan-Borobudur, sepanjang sekitar 3800 meter," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.4 Propinsi Jawa Tengah, Tisara Sita disela-sela peninjauan kegiatan, Kamis (27/8/2020).


Disampaikan jika kegiatan ini, selain untuk membantu warga korban Covid-19, juga untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. "Pada program padat karya ini, sebanyak 78 orang itu, dibagi dalam tiga tim. Tim hijau, orange dan tim kuning. Masing-masing tim terdiri dari 26 orang, dengan enam tukang dan 20 pelayan. Untuk honornya, menyesuaikan UMR kabupaten sebesar Rp 81.900 per orang," jelasnya.


Mulyono (50), warga Ngrajek mengaku senang, dapat ikut dalam program padat karya tersebut. Diakui sebelumnya, jika selama pandemi Covid-19, dirinya tidak bisa bekerja. "Sudah hampir tiga bulan ini, saya menganggur di rumah. Tadinya sebelum pandemi, saya jualan makanan ringan ke sekolah-sekolah. Namun sejak sekolah diliburkan, praktis saya lebih banyak di rumah. Hanya kadang-kadang saja, saya jualan. Itu pun kalau ada keramaian. Jika tidak ya di rumah saja," ungkapnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar