Bentuk Empati Pada Pengungsi, Donasi Datang Dari Sejumlah Pihak

Dilihat 1767 kali
Penyerahan donasi dari Ormas Lindu Aji Kabupaten Magelang kepada warga pengungsi di Balai Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan segala bentuk donasi untuk para pengungsi Gunung Merapi dikelola Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) setempat.


"Meskipun dikelola oleh Dinas Sosial, pihak yang akan berdonasi wajib lapor data ke BPBD Kabupaten Magelang, agar termonitor dengan baik. Hal tersebut sebagai salah satu upaya pemetaan sebaran bantuan," ucap Edy, Rabu (11/11/2020).


Salah satu Organisasi Masa (Ormas) yang turut berdonasi adalah Lindu Aji Kabupaten Magelang. Mereka menyalurkan langsung bantuan ke beberapa titik tempat pengungsian di Kabupaten Magelang, salah satunya Balai Desa Deyangan, Banyurojo dan Mertoyudan.


"Untuk hari selanjutnya kami masih mendistribusikan ke tiga titik tempat pengungsian di wilayah Kecamatan Muntilan, yaitu Tamanagung, Tirto Aji dan Ngawen," ujar Ketua DPC Lindu Aji Kabupaten Magelang, Subiyanto, Rabu (11/11/2020).


Adapun barang yang didonasikan ada 15 macam, diantaranya kasur lipat, bantal, tikar, sembako, peralatan MCK, bubur bayi, obat-obatan, kursi roda dan lain sebagainya. 


"Pada prinsipnya kami hadir untuk persaudaraan, kemanusiaan, peningkatan kualitas hidup dan NKRI, semoga donasi ini bermanfaat untuk warga pengungsi," harap Subiyanto.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Deyangan Risyanto menyambut baik donasi tersebut karena memang dibutuhkan pengungsi.


"Kami berusaha melayani sebaik mungkin tamu kami, yaitu warga pengungsi. Dimana jika ada donasi dari pihak luar baik perorangan maupun organisasi akan sangat membantu untuk melengkapi sarana dan prasarana di pengungsian,” lanjutnya.


Risyanto mengungkapkan, sebelumnya juga ada perorangan atau organisasi yang juga mendonasikan bantuan di Balai Desa Deyangan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar