Deklarasi Pemilu Damai 2024 Warga Lereng Merapi Menolak Berbagai Bentuk Politik Uang

Dilihat 1200 kali
Warga di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.

BERITAMAGELANG.ID-Warga di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.  Deklarasi warga lereng Gunung Merapi tersebut, dilakukan perwakilkan Kepala Dusun, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, di Aula Balai Desa setempat.


"Acara deklarasi diprakasi oleh dua lembaga Pemilu, yakni PPS dan Pengawas Desa Ngargomulyo," kata  Ketua PPS Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Ade Handika, Minggu (10/12-2023) malam.


Deklarasi Pemilu Damai 2024, didahuli dengan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024, acara yang berlangsung lancar dan penuh antusias masyarakat. Hadir pada sosialisasi dan deklarasi, oleh komisioner Panwaslucam Dukun.


Sebelum acara Deklarasi dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi oleh tiga anggota PPS Desa Ngargomulyo. Baik terkait perawatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 serta nama-nama calon KPPS di TPS se Desa Ngargomulyo.


Ketua PPS Desa Ngargomulyo, Ade Handika dalam sambutannya mengatakan, bahwa pertemuan tersebut selain deklarasi juga sosialisasi. Serta menaruh harapan untuk seluruh masyarakat ikut serta mengsukseskan Pemilu 2024.


"Terkait DPTB dan DPK, silahkan bagi masyarakat yang ada informasi warganya belum terakomodir di DPT Pemilu 2024 bisa konfirmasi ke kami. Kami akan melayani sesuai prosedur yang berlaku," kata Ade.


Diharapkan, Pemilu 2024 bisa berjalan lancara dan jurdil. Menuju pemilu yang jurdil seperti jingle KPU yang sudah kita dengarkan bersama sama tadi. Semoga Pemilu 2024 kedepan bisa lancar, damai, aman dan sukses.


Senada dikatakan Ketua Panwaslucam Dukun, Ariyanto, deklarasi pemilu damai ini terdapat tiga point penting. Dimana mulai dari Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Warga Desa Ngargomulyo memberikan pernyataan bersama.


"Intinya, siap melaksanakan Pemilu Serantak Tahun 2024 dengan damai, siap menjaga kondusifitas situasi dan kondisi lingkungan Desa Ngargomulyo. Dan menolak berbagai bentuk politik uang selama Pemilu Serentak Tahun 2024," ujarnya.


Pada Pemilu 2024, diharapkan seluruh tokoh masyarakat ikut serta mengsuseskan Pemilu 2024. Tokoh masyarakat baik apapun latar belakangnya diharapkan nanti semua mau jadi bagian masyarakat yang mengsukseskan pemilu. "Nanti bisa jadi pengawas partisipatif. Jika melihat ketidaksesuaian dari peserta pemilu, ASN dan lainnya bisa sampaikan kepada kami," harapnya.


Pengawas Desa (Panwasdes/PKD) Ngargomulyo, M. Nasir yang menginisiasi acara tersebut menambahkan,  tujuan acara tersebut. "Hanya satu harapan saya dengan acara ini, yakni komitmen bersama masyarakat Ngargomulyo untuk mengsukseskan Pemilu 2024 denga damai," tutupnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar