Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang Selenggarakan Kegiatan Orientasi Penggunaan KKA Bagi BKB dan PKB

Dilihat 1626 kali
Penyelenggaraan Kegiatan Orientasi Penggunaan KKA Bagi BKB dan PKB

BERITAMAGELANG.ID-Dalam rangka meningkatkan kemampuan keluarga memantau  tumbuh kembang anak, Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang menyelenggarakan Orientasi Penggunaan KKA (Kartu Kembang Anak) bagi Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan Penyuluh KB se Kabupaten Magelang. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Dinsos PPKB PPPA pada hari Senin (24/7/2023) dan  diikuti peserta sebanyak   150 orang.

Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA, Bela Pinarsi dalam sambutannya menjelaskan pentingnya penyelenggaraan orientasi penggunaan KKA adalah untuk meningkatkan kemampuan keluarga, penyuluh dan kader menggunakan KKA.

Dengan orientasi KKA tersebut, diharapkan orang tua dapat memahami perkembangan anak dengan lebih baik. Kemampuan dan pemahaman orangtua tentang pentingnya tahun-tahun awal kehidupan anak sangat penting. Sehingga  orangtua  memiliki keterampilan pengasuhan dan stimulasi yang efektif dan praktis, serta komitmen untuk mendorong tumbuh kembang dan perlindungan anak dapat diwujudkan

"Ini penting untu diketahui, sehingga orang tua dapat memahami perkembangan anak dengan baik serta memahami tentang pentingnya tahun-tahun awal kehidupan ananya," terang Bela.

Ditambahkan Bela,  KKA  adalah kartu yang didesain untuk memantau kegiatan asuh orang tua dan tumbuh kembang anak. Pengertian pertumbuhan adalah proses perubahan fisik anak, meliputi pertumbuhan berat badan atau tinggi badan sesuai dengan umurnya. 

Sedangkan perkembangan adalah proses perubahan perilaku dan mental seseorang, yang meliputi emosi, sosial, kemampuan, dan keterampilan. "Ada 7 (tujuh) aspek perkembangan anakseperti gerakan kasar,  gerakan halus , komunikasi aktif, komunikasi pasif, kecerdasan, menolong diri sendiri, serta tingkah laku sosial," jelas Bela.

Lebih jauh Bela berharap dengan diselenggarakanya oriantasi tersebud kemampuan keluarga melakukan pemantauan perkembangan anak menjadi optimal sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, Stunting misalnya. 

"Demi terwujudnya generasi sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia serta mendukung terwujudnya keluarga kecil yang berkualitas dan sejahtera, maka kegiatan Orietasi Penggunaan KKA ini diselenggarakan untuk bisa diaplikasikan," pungkas Bela.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar