Dusun Pulosari Salam Punya Lumbung Peduli Masyarakat

Dilihat 2184 kali
Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid 19, Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, dirikan Lumbung Peduli Masyarakat.

BERITAMAGELANG - Usai membentuk Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid 19, pada akhir bulan kemarin, Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, saat ini mendirikan Lumbung Peduli Masyarakat.


Humas Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Desa Jumoyo, Edwar Alfian, mengatakan, langkah tersebut ditempuh dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, selama mendukung pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, guna memutus potensi penularan Covid-19 ini.


"Covid-19 ini masalah bersama. Kita jalankan manajemen posko mulai dari asesmen data, edukasi masyarakat dan menyiapkan upaya strategis jika kondisi ini memburuk dan bahkan lama.


Pembuatan Lumbung Peduli Masyarakat ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih tenang, karena kebutuhan pokok bisa tercukupi," ucap Edwar Alfian, Minggu (5/4), yang juga berharap pendemi virus Corona ini segera berakhir.


Adapun jumlah warga Dusun Pulosari Desa Jumoyo terdapat 300 KK dengan jumlah jiwa 948. Dalam Lumbung Peduli Masyarakat, menyediakan beras, dimana beras tersebut bukan bantuan dari pihak luar tapi upaya masyarakat secara mandiri. 


"Kita kemarin mau sembako tapi karena melihat potensi pertanian ada, maka beras kita pengadaan. Ditambah akan mengoptimalkan masyarakat menggencarkan budaya menanam.


Selain lahan pertanian kita mendorong masyarakat menanam di sekitar lingkungan rumahnya, ditambah ada lahan petanian bisa dimaksimalkan untuk menanam sayuran," papar Edwar Alfian.


Edwar Alfian, menambahkan, secara teknis penyaluran beras tersebut melalui tim di setiap RT, yang memantau kondisi warga, sehingga bantuan beras tersebut tepat sasaran.


"Beras ini nanti diberikan melalui musyawarah tim, dimana di setiap RT ada tim, yang selalu pro aktif melihat kondisi di masyarakat," papar Edwar Alfian.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar