Merapi Bergemuruh, Keluarkan Asap Putih Pagi Ini

Dilihat 1773 kali
Gunung Merapi keluarkan asap putih dipantau dari Umbulharjo, Sleman, DIY sekitar 12 km dari puncak Merapi, Jumat (11/05) pagi. Foto : Istimewa

BERITAMAGELANG.ID - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mengeluarkan asap putih disertai suara gemuruh yang terdengar hingga radius 20 kilometer.

Pantauan BeritaMagelang.id, letusan tersebut terjadi pada Jumat (11/05) pagi sekitar pukul 07.40 WIB.

Melansir keterangan rilis sementara BPBD Kabupaten Magelang, dikonfirmasi bahwa telah terjadi Letusan Freatik Gunung Merapi.

"Kami himbau masyarakat tetap tenang. Jauhi radius 3 kilometer dari puncak Merapi. Jika ada perkembangan informasi segera kami rilis," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto dalam keterangan rilisnya.

Sementara itu salah satu warga desa Dukun kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Siti Sundari (40) yang melihat kejadian tersebut mengatakan dirinya mendengar suara gemuruh.

"Awalnya saat akan berangkat ke sawah, terdengar suara gemuruh sangat keras dan bersamaan dengan itu gunung merapi mengeluarkan awan panas," katanya.

Letusan freatik datangnya tidak bisa diprediksi sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan zona bahaya harus waspada. Letusan itu muncul setiap musim hujan karena dipicu oleh air yang meresap dari puncak kawah.

Letusan jenis ini diprediksi tidak akan merusak karena yang dominan dikeluarkan berupa abu vulkanik, pasir, serta batu kecil. Untuk pasir dan batu kecil tidak akan jauh loncatannya dari sekitar kubah, namun untuk abu bisa jauh karena dibawa angin.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar