Kementerian Desa Akan Bantu Alat Pertanian di Magelang

Dilihat 1659 kali
Sosialisasi bantuan alat pertanian untuk Desa Banyusari, Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (02/03)

BERITAMAGELANG.ID - Pengelolaan hasil pertanian paska panen, perlu dilakukan dengan baik, agar petani benar-benar mendapatkan hasil panen yang baik dan maksimal. Baik cara panen di sawah, hingga memproses menjadi beras.


"Kami menyerap aspirasi petani padi, terkait rencana pemberian bantuan alat pertanian untuk desa, " kata Direktur Pendayagunaan Sumberdaya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. Suprapedi di Magelang, Jumat (2/3).


Hadir dalam sosialisasi rencana pemberian bantuan yang berlangsung kantor Desa Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, anggota DPR RI Sujadi, anggota DPRD Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso, Camat Grabag, Labbaika Nugroho dan Kades Banyusari, Taryono.


Menurut Suprapedi, pihaknya telah mengidentifikasi kebutuhan masyarakat desa, terutama kebutuhan pengelolaan hasil pertanian paska panen, seperti penggilingan padi dan lainnya. Dari hasil diskusi dengan masyarakat, maka akan dilakukan kajian bantuan apa yang paling tepat.


"Dari hasil dialog, ada yang minta penggilingan atau rismil, mesin tanam, traktor pengolahan padi, ada juga mesin untuk menggiling jagung," ujarnya.


Anggota DPR RI, Sujadi menyatakan, usulan bantuan alat pertanian untuk desa akan diakomodir oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Desa (Kemendes).


"Aspirasi warga tersebut, akan diperjuangkan dalam anggaran APBN," ungkapnya.


Kades Banyusari, Taryono menjelaskan ada 13 Kepala Dusun (Kadus) yang hadir dalam sosialisasi tersebut.


"Apapun bantuan yang diberikan pemerintah, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama para petani," tutupnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar