Menjelang Purna Tugas, 251 PNS Ikuti Pembekalan Keterampilan Praktis

Dilihat 435 kali
Pembekalan keterampilan praktis, kunjungan kelompok industri dan budidaya bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas

BERITAMAGELANG.ID-251 PNS yang sudah memasuki masa purna tugas Terhitung Mulai TAnggal (TMT) BAtas Usia Pensiun (BUP) bulan JAnuari- Juni 2024 mengikuti Pembekalan Keterampilan Praktis yang diselenggarakan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang. Pelatihan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 5-7 Desember 2023 yang terbagi dalam enam kelompok. 

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKPPD, Agung Satria Utama, S.Kom. M.Eng, selaku koordinator kegiatan tersebut, menyampaikan masing-masing kelompok nantinya akan mengunjungi Home Industry ataupun Kelompok Usaha yang telah berhasil melakukan budidaya ataupun pengolahan barang untuk meningkatkan nilai ekonomi. 

"Nanti masing-masing kelompok akan kita bawa berkunjung  ke home industri atau kelompok usaha ekonomi seperti Pokja Jambu Suratmajan yang beralamat di Yogyakarta, yang telah berhasil melakukan teknik pengolahan jambu air menjadi beraneka ragam makanan," kata Agung.

Ditambahkan Agung, selain kunjungan di Pokja Jambu Suratmajan, dari enam kelompok yang berbeda juga melakukan kunjungan di lokasi yang berbeda seperti di home industry Naura Jamur, sebuah perusahaan yang bergerak dalam usaha budidaya jamur. Kemudian kelompok budidaya ikan lele "Byang Lele Biofolk" dengan sistem budidaya  bioflok memanfaatkan mikroorganisme berupa probiotik untuk mengurai bahan organik dari limbah yang dihasilkan. 

"Lokasi lainnya yaitu ECO.J, Ecoprint Jogja sebuah komunitas yang memberikan pelatihan tentang teknis dan proses pembuatan batik ecoprint atau teknik pewarnaan alami," terang Agung.

Disela-sela kegiatan, Agung menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke lapangan ini agar para ASN yang memasuki purna tugas dapat melihat dan belajar secara langsung dari pelaku usaha.

Menurutnya masa pensiun dalam kondisi sehat adalah hal yang sangat diharapkan tetapi juga dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan karena dapat dikatakan masa pensiun mengalami post power syndrome atau biasa disebut masa ke-gabut-an bagi beberapa orang. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi PNS menjelang purna tugas dapat menyiapkan diri menghadapi masa pensiun salah satunya melakukan kegiatan wirausaha baik secara mandiri maupun kelompok," ujar Agung

Agung juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para PNS purna tugas atas dedikasi serta pengabdian untuk masyarakat di Kabupaten Magelang dan berharap kegiatan pembekalan ini dapat menjadi referensi bagi mereka untuk tetap aktif dan produktif memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

"Kami, tim BKPPD atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang tidak dapat memberikan apapun kepada Bapak/Ibu sekalian selain mendoakan kebahagian dan kesehatan untuk menjalankan masa purna tugas, semoga kegiatan yang kita lakukan hari ini memberikan keberkahan untuk Bapak/Ibu sekalian," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rohmad Zani, S.Pd (pensiunan Camat Ngluwar) TMT BUP per Februari 2023, menyampaikan dan berharap teman-teman ASN yang akan purna tugas dapat mengambil ilmu dan menjadi bekal agar terus bisa melakukan kegiatan positif dan produktif mengisi hari-hari di masa purna nanti.

Menutup kegiatan pembekalan, Muslim, S.Pd (pensiunan Guru Kelas SDN Kemiren, Srumbung) menyambut baik dan bersemangat mengikuti kegiatan pembekalan. "Terimakasih kepada Pemkab Magelang khususnya Tim BKPPD yang telah memfasilitasi kegiatan ini, semoga kegiatan pembekalan keterampilan praktis seperti ini dapat dilakukan setiap tahun dan bermanfaat bagi ASN menjelang purna tugas," pintanya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar