Merapi Waspada, Tempat Evakuasi Akhir Mulai Dibersihkan

Dilihat 1605 kali
Petugas membersihkan Tempat Evakuasi Akhir di Desa Candirejo Borobudur Magelang, Jawa Tengah, Rabu (23/05)
BERITAMAGELANG.ID - BPBD Kabupaten Magelang memerintahkan petugas segera membersihkan dan menyiapkan Tempat Evakuasi Akhir (TEA) bagi para pengungsi.

"Melihat aktivitas Gunung Merapi yang sudah keenam kalinya mengalami hembusan freatik, kami mengantisipasi manakala memang nantinya terjadi erupsi, agar warga yang mengungsi sesuai MoU dapat mendapatkan tempat penampungan yang sudah siap," terang Kepala Pelaksanan BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, saat dikonfirmasi, Rabu (23/05).

Namun, masih ada TEA yang mengalami kendala, yakni rusaknya sejumlah fasilitas pada TEA di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur.

"Hari ini kami sudah mendapatkan instruksi dari pihak BPBD Kabupaten Magelang untuk membersihkan TEA Candirejo. Namun demikian, sangat disayangkan ada beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan seperti pada bagian plafon bangunan yang berlubang, kondisi kamar mandi yang kotor, listrik, dan air yang tidak menyala," terang Kasi Kesra Tingkat Desa Candirejo, Ahmad Imam Tauhid, saat dikonfirmasi di lokasi, pagi ini.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang untuk segera melakukan perbaikan pada sejumlah fasilitas yang mengalami kerusakan tersebut.

"Untuk kapasitas gedung TEA Candirejo sendiri mampu menampung kurang lebih 150-200 jiwa, dan kita sudah ada MoU dengan desa di wilayah Kecamatan Srumbung sebelumnya," katanya.

Sedangkan fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemerintah Desa Candirejo, yakni 39 unit kasur pengungsi, peralatan memasak, dan MCK. Saat ini, petugas gabungan tengah melakukan pembersihan di seluruh TEA serta mempersiapkan fasilitas pendukung bagi para pengungsi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar