Pelaksanaan Pilkades Banyurojo Mertoyudan Berlangsung Tertib

Dilihat 1259 kali
Warga memasukan surat suara di salah satu TPS Desa Banyurojo dalam Pilkades 2022.

BERITAMAGELANG.ID - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Banyurojo Mertoyudan Magelang, pada Minggu (6/11/2022) berlangsung tertib. Desa Banyurojo menjadi salah satu desa yang melaksanakan Pilkades 2022 secara serentak dari 25 desa se Kabupaten Magelang.


Desa dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 7.685 orang, yang mana sekitar 40% pemilih merupakan warga Banyurojo di wilayah Komplek Panca Arga.


"Desa Banyurojo ini cukup unik, karena selain ada dusun juga ada komplek militer yaitu Panca Arga.


Yang mana warga Komplek Panca Arga juga masuk dalam DPT dan berhak memberikan suara dalam Pilkades Desa Banyurojo 2022," ucap Sekretaris Desa Banyurojo, Agus Firmansyah.


Kendati demikian di Komplek Panca Arga sendiri, tidak terdapat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Panitia Pilkades Banyurojo, menyediakan lima TPS yang tersebar di Dusun Seneng 1 SD Banyurojo 1 dan Dusun Sekaran SD Banyurojo 2.


"Sama seperti pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada di Komplek Panca Arga sendiri tidak menyediakan tempat pemungutan suara.


Oleh karena itu panitia menyiapkan TPS di dua tempat tersebut, yang berupa Sekolah. DPT Panca Arga sebagai komplek militer adalah istri tentara, anak dan pegawai sipil," papar Agus.


Secara teknis pelaksanaan Pilkades di Desa Banyurojo pemungutan suara dimulai sejak pukul 08.00 WIB, hingga pukul 13.00 WIB. Kemudian perhitungan suara di TPS pukul 14.00 WIB, kemudian diserahkan ke Sekretariat Panitia di Balai Desa untuk direkapitulasi di Balai Desa pukul 16.30 WIB. Dan setelah selesai surat suara diserahkan kembali ke Kantor Kecamatan Mertoyudan.


Dengan hasil peserta no 1 meraih 369 suara,  peserta no 2 dengan hasil 817 suara, dan peserta no 3 dengan hasil 3.329 suara. Jumlah surat suara rusak 191 dan kehadiran warga 4.706.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar