Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Lampaui Target

Dilihat 1829 kali
Pelayanan KB serentak di Kabupaten Magelang Tahun 2023

BERITAMGELANG.ID-Pelayanan KB serentak tahun 2023 di Kabupaten Magelang berhasil melampaui target. Sebanyak 10.556 pasangan usia subur atau 101,6% dapat terlayani menjadi akseptor KB dari target sebanyak 10.390 akseptor.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang Bela Pinarsi, SH., MM. usai pelaksanaan Pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 (Harganas) tahun 2023 pada Selasa 20 Juni 2023 di Kantornya.

Menurut Bela, tercapainya target Pelayanan Keluarga Berencana menunjukkan kesadaran masyarakat Kabupaten Magelang terhadap pentingnya Program nasional KB cukup baik. Pelayanan bagi masyarakat itu melibatkan fasilitas kesehatan se- Kabupaten Magelang sebanyak 60 faskes baik negeri maupun swasta termasuk jaringan dan jejaring faskes.

"Kegiatan pelayanan KB secara nasional dilaksanakan serentak termasuk di Kabupaten Magelang pada tanggal 14 Juni 2023. Hanya pelaporannya yang tertunda karena ada kendala melalui aplikasi newsiga. Baru hari Senin kemarin (19 Juni 2023). laporan selesai," terang Bela. Dalam kegiatan pelayanan KB serentak setiap tahun selalu disambut antusias oleh warga Kabupaten Magelang. Walaupun jumlah akseptor yang dilayani tidak selalu melampaui target. Tahun lalu tidak mencapai target. Alhamdulillah tahun ini melampaui target lebih dari 101 persen. Lebih lanjut dikemukakan bahwa kegiatan pelayanan ini bersinergi dengan pelaksanaan Bulan Bhakti IBI Kabupaten Magelang Tahun 2023, sekaligus dalam rangka peringatan Harganas ke-30 Tahun 2023, Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, IBI serta mitra kerja terkait lainnya. Dalam pelaksanaan kegiatan juga melibatkan para Dokter, Bidan, Penyuluh KB dan para Kader. Dikatakan Bela , "Tujuan kegiatan ini adalah menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi bagi Pasangan Usia Subur serta meningkatkan jumlah peserta KB baru dan mempertahankan peserta KB aktif di Kabupaten Magelang."
Adapun Jenis Pelayanan KB yang diberikan meliputi kontrasepsi IUD, Implant, MOP, MOW, Pil, Suntik, dan Kondom, baik peserta KB ulangan, ganti cara, dan KB baru termasuk KB pasca persalinan.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar