Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Terdampak Covid-19

Dilihat 2169 kali
Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini” di Temanggung menyalurkan bantuan sosial sembako di Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Bunda Borobudur Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) “Kartini” di Temanggung menyalurkan bantuan sosial kebutuhan dasar bagi warga terlantar yaitu kelompok masyarakat miskin, rentan dan marjinal yang mengalami kesulitan secara ekonomi, tidak dapat melakukan aktivitas mencari nafkah karena terdampak Covid-19. 


Diketahui bersama bahwa pandemik Covid-19 telah mengubah kehidupan masyarakat dan berdampak sangat besar pada aspek ekonomi dan sosial. Untuk mengurangi beban dan menjaga masyarakat agar tetap bertahan dalam kondisi pandemik, Kementerian Sosial Hadir melalui BBRSPDI Kartini di Temanggung untuk menyalurkan bantuan sosial tersebut bagi kelompok masyarakat miskin, rentan dan marjinal yang terdampak Covid 19. 


"Kondisi pandemi Covid-19 dengan kurva yang masih fluktuatif dan terus bertambah. Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1441 H, BBRSPDI “Kartini” di Temanggung hadir ditengah banyak warga yang terdampak Covid-19. Tak terkecuali bagi Penyandang Disabilitas yaitu  penyandang disabilitas intelektual, fisik, mental dan sensorik yang merupakan kelompok masyarakat sangat rentan ikut merasakan dampaknya," ucap PLT Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual, Kartini Temanggung, Langgeng Setiawan, Rabu (27/5/2020). 


Menurut Langgeng, sebanyak 769 paket bantuan sosial kebutuhan dasar senilai @ Rp. 300.000,- terdiri dari beras, minyak goreng, biskuit, mie instan, sarden kaleng, telur, sabun mandi sabun cuci serta masker batik ciprat akan disalurkan di delapan kabupaten/kota yaitu, Kabupaten Temanggung 201 paket, Kabupaten Wonosobo 133 paket,  Kabupaten Banjarnegara 70 paket, Kabupaten Purworejo 95 paket, Kabupaten Kendal 65 paket, Kabupaten Semarang 61 paket, Kota Magelang 83 paket, dan untuk Kabupaten Magelang sebanyak 61 paket. 


Untuk Kabupaten Magelang, penyerahan bantuan berlokasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Bunda Kabupaten Magelang, Pelaksana Tugas (PLT)Kepala BBRSPDI “Kartini” di Temanggung, Langgeng Setiawan menyerahkan paket bantuan sosial secara simbolis yang diterima oleh perwakilan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Sahabat Perempuan, dan Kepala SLB Surya Bunda.


“Selanjutnya seluruh bantuan sembako ini akan didistribusikan ke masing-masing penerima bantuan. Penyerahan bantuan sosial bagi Kabupaten/kota lainnya akan dilaksanakan sesuai jadwal dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial serta LKS setempat bekerjasama dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi serta Kabupaten/Kota dan LKS. Pendistribusian bantuan tersebut akan diserahkan sesuai jadwal,” terang Langgeng.


Langgeng menambahkan, bantuan ini berbeda dengan bantuan program PKH, BPNT ataupun BST. Bantuan sosial Kebutuhan dasar yang disalurkan BBRSPDI Kartini Temanggung merupakan refocusing anggaran BBRSPDI Kartini Temanggung sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Nomor 16/1/KS.02.01/4/2020 tentang Refocusing Anggaran untuk Kebutuhan Dasar Warga Terlantar. 


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magelang, Iwan Agus Susilo, menyampaikan terimakasih kepada BBRSPDI atas bantuan kepada masyarakat kami yang rentan, masyaraka miskin dan disabilitas.


Adapun Ketua Yayasan Surya Bunda, Nur Widhi W, mengucapkan, terimakasih atas bantuan sembako tersebut. Dikarenakan wilayah Borobudur sangat terdampak pandemi Covid 19.


"Ada 14 siswa di Yayasan Surya Bunda, dimana sebagian besar adalah warga kurang mampu. Orang tua siswa banyak yang bekerja di sektor informal sebagai pedagang asongan atau pembuat kerajinan, yang terdampak saat wisata Borobudur ditutup," terang Nur.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar