PMI Kejar Target Stok Darah Akhir Tahun

Dilihat 1426 kali
Donor darah PMI Kabupaten Magelang kepada karyawan PDAM Tirta Gemilang.

BERITAMAGELANG.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang mengejar target ratusan kantong darah untuk stok akhir tahun ini. Jumlah tersebut untuk mencukupi kebutuhan harian dari sejumlah rumah sakit besar.


Dokter Pelaksana Donor PMI Kabupaten Magelang Nurul Badriyah mengatakan untuk mencukupi target tersebut pihaknya mengandalkan program donor mobile PMI dengan bekerjasama dengan instansi pemerintah/ kelompok pelajar maupun komunitas lainnya.


Dalam setiap kegiatan tersebut, lanjut Nurul pihaknya memiliki target capaian untuk kantong darah yang disimpan. "Minimal target 50 kantong darah setiap kegiatan," kata Nurul Senin (11/12/2023).


Dijelaskan Nurul, Pemenuhan target tersebut bisa dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan donor darah di komunitas dan instansi yang ada. Sedangkan untuk menjangkau sasaran hingga pelosok, PMI Kabupaten Magelang mengandalkan dua armad donor yang dilengkapi berbagai peralatan pendukung.


Melalui progrgam jemput bola tersebut, PMI Kabupaten Magelang mampu mencapai  target bulanan sekitar 400 hingga 700 kantong darah. Bahkan dari pelayanan mobile tersebut PMI Kabupaten Magelang mendapatkan stok semua golongan darah


"Stok produk darah di PMI Kabupaten Magelang hingga saat ini dalam kondisi aman untuk semua golongan darah," jelasnya.


Menurut Nurul untuk permintaan golongan darah setiap bulan tidak dapat dipastikan karena sesuai kebutuhan pasien di rumah sakit yang bermacam macam.Bisa dalam bulan tertentu terbanyak golongan darah A, B, atau O.


Namun demikian PMI Kabupaten Magelang tetap berupaya mencapai target yang dibutuhkan jika permintaan kantong darah terjadi peningkatan.


"Kita melayani tiga rumah sakit di Kabupaten Magelang yakni Rumah Sakit Merah Putih, Rumah Sakit Umum Daerah Muntilan dan Rumah Sakit Aisyiah," jelasnya

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar