POPDA Kabupaten Magelang 2024 Diikuti 3.500 Atlet

Dilihat 447 kali

BERITAMAGELANG.ID - Olahraga merupakan bagian penting dari kesehatan, sehingga kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) juga mempunyai peranan besar dalam mendukung program Indonesia Emas yang sedang digalakkan oleh Pemerintah secara nasional.


Demikian disampaikan Pj. Bupati Magelang, diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi saat membuka kegiatan POPDA Kabupaten Magelang 2024 di GOR SMA Taruna Nusantara Magelang, Senin (4/3/2024).

Menurut Nanda, perlu disadari, olahraga merupakan salah satu sarana untuk membina para pemuda agar bisa menjadi generasi penerus yang bangga dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang sehat, berkarakter dan memiliki jiwa patriotisme.

"Begitu pentingnya olahraga dalam mempengaruhi dan menentukan nasib sebuah bangsa ke depan, sampai-sampai olahraga memiliki kekuatan untuk menginspirasi sekaligus bisa mengubah dunia melalui karakter generasi muda yang memiliki mental yang kuat," kata Nanda.

Lebih lanjut, Nanda menyampaikan Pemerintah Kabupaten Magelang secara konsisten mendukung upaya-upaya pembinaan dan pemasyarakatan olahraga kepada masyarakat dan generasi muda melalui berbagai macam program kegiatan seperti POPDA kabupaten, POPDA eks karesidenan, POPDA provinsi, kejuaraan daerah untuk pelajar, dan pemberian penghargaan untuk atlet-atlet berprestasi.

POPDA tahun ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu atletik, basket, voli, bulutangkis, karate, panahan, aquatik, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis meja, pencak silat, tenis lapangan, dan wushu.

Melalui penyelenggaraan POPDA ini, diharapkan akan lahir bibit atlet yang potensial untuk diproyeksikan menjadi atlet terbaik, dan mampu berprestasi sebagai wakil Kabupaten Magelang dalam berlaga di tingkat yang lebih tinggi.

"Kami berpesan kepada seluruh peserta POPDA Tahun 2024 agar bertanding dengan penuh semangat dan sportivitas. Jangan menyerah untuk terus meraih prestasi agar mampu membawa nama baik Kabupaten Magelang," pesan Nanda.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Mulyanto, melaporkan kegiatan POPDA tahun ini bertujuan sebagai ajang seleksi dan evaluasi hasil pembinaan olahraga di Kabupaten Magelang.

Peserta yang mengikuti kegiatan POPDA Kabupaten Magelang tahun 2024 ini adalah atlet pelajar siswa siswi SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA di seluruh Kabupaten Magelang dengan jumlah atlet 3.500 orang, wasit/juri sebanyak 383 orang.

"Pelaksanaan POPDA ini akan berlangsung dari 4-6 Maret 2024, yang diselenggarakan di wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang," jelas Mulyanto.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar