Seharian Diguyur Hujan, Jalan Penghubung Desa Windusari - Gondangrejo Longsor

Dilihat 1606 kali

BERITAMAGELANG.ID - Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang mengguyur wilayah Kecamatan Windusari, Selasa (2/12/2020). Kondisi tersebut menyebabkan tanah longsor sehingga jalan penghubung Desa Windusari dan Gondangrejo terputus.


Kronologi terjadinya tanah longsor bermula pada saat hujan dengan intensitas ringan hingga sedang mengguyur wilayah Kecamatan Windusari sejak Selasa (2/12/2020) pukul 14.30 WIB hingga malam hari sehingga menyebabkan drainase di samping jalan penghubung desa Windusari-Gondangrejo tidak mampu menampung debit air. Air menggerus dan mengikis tanah di bawah jalan tersebut dan akhirnya menyebabkan tanah longsor.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto menjelaskan peristiwa tersebut disebabkan kondisi tanah pada jalan penghubung Desa Windusari-Gondangrejo labil akibat terkikis air hujan sejak siang hari.


"Sehingga dini hari Rabu (3/12/2020) sekitar pukul 01.00 WIB jalan penghubung desa tersebut mengalami longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor ini," terang Edy.


Edy mengatakan telah melakukan assessment dan berkomunikasi dengan pemerintah desa setempat serta memberikan rambu tanda darurat di lokasi terjadinya tanah longsor.


Ia juga mengimbau masyarakat Kabupaten Magelang agar lebih meningkatkan kewaspadaan pada saat musim hujan.


"Kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Magelang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan karena sering terjadinya bencana tanah longsor," pesan Edy. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar