Sektor Pariwisata Digadang-Gadang Tingkatkan Pengembangan UMKM

Dilihat 1064 kali
Pengelola Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang mengikuti Bimbingan Teknis Program Cleanliness Health Safety dan Environment Sustainability.
BERITAMAGELANG.ID - Kepala Bidang Ekonomi pada Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang, Amirudin Zuhri mengatakan pemerintah daerah setempat terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui sektor wisata.

Terutama saat ini pemerintah pusat terus menggenjot pembangunan kawasan Borobudur sebagai destinasi skala super prioritas. Hal tersebut harus membawa manfaat bagi warga Kabupaten Magelang.

Dengan adanya program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dimana kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata super prioritas. Maka tugas pemerintah daerah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Candi Borobudur.

"Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Borobudur itu adalah menyeluruh se-Kabupaten Magelang. Harapannya Borobudur berkembang, masyarakat Kabupaten Magelang juga harus ada peningkatan kesejahteraan," ucap Amirudin, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Program Cleanliness Health Safety dan Environment Sustainability (CHSE) Pengelola Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang, Senin (30/11/2020) di Artos Hotel Magelang.

Amirudin memaparkan pengembangan potensi lokal, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019 - 2024. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui berbagai hal diantaranya adalah melaui sektor UMKM.

Pengembangan sektor unggulan, adalah pertanian, pariwisata dan UMKM. Itu juga sesuai dengan Dasa Cita (10 program unggulan) Pemkab Magelang.

"Melalui usaha kecil dan menengah, bisa turut menyediakan kebutuhan pariwisata, mulai dari suvernir, oleh-oleh, rumah makan, transportasi dan industri kreatif lainnya. Melalui komponen tersebut masyarakat bisa terlibat dalam sektor pariwisata," harapnya.

Menurut Amirudin, ia masih mempunyai PR besar, yaitu membuat masa tinggal wisatawan lebih lama di Kabupaten Magelang dengan menginap.

"Dimana sudah banyak hotel, homestay dan Balkondes yang sudah sangat layak sebagai tempat menginap," jelasnya.

Solusi sementara dari kendala tersebut, menurut Amirudin, dengan banyaknya Destinasi Tempat Wisata (DTW), harapannya bisa menarik minat wisatawan berkunjung dan bahkan menginap di Kabupaten Magelang.

"Ditambah apabila terdapat event-event khusus, seperti event olahraga atau kesenian, khususnya tingkat nasional atau internasional dapat menarik wisatawan menginap di Kabupaten Magelang," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar