Terkait Pengelolaan SPBE, Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Lakukan Study Komparasi Ke Banyuwangi

Dilihat 1778 kali
Study Komparasi, Dinas Kominfo Kabupaten Magelang melakukan studytiru pengelolaan SPBE

BERITAMAGELANG.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang melakukan study komparasi ke Diskominfo Kabupaten Banyuwangi, Selasa (8/11/2022). Studytiru ini dilaksanakan untuk berbagi informasi tentang penerapan berbagai aplikasi dalam pelayanan publik, kemitraan media, infrastruktur serta tugas pokok dan fungsi lainnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Noga Nanda Septa menjelaskan bahwa studytiru semacam ini sudah dilaksanakan dua kali, sebelumnya Dinas Kominfo Kabupaten malaksanakan studytiru ke Dinas Kominfo Kabupaten Sumedang.

“Jadi kunjungan Dinas Kominfo Kabupaten Magelang ke Dinas Kominfo Kabupaten Banyuwangi yang pertama, melihat level SPBE mereka yang secara nasional berada di urutan 2 untuk kabupaten/kota. Dan ini merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya ke Kabupaten Sumedang,” terang Noga.

Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang lebih dikenal dengan e-government, merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang terintegrasi dengan sistem bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang maksimal.

“Karena membangun suatu pemerintahan tidak bisa berdiri sendiri, tetapi harus melibatkan banyak pihak,” Imbuhnya.

Dijelaskan Noga, diskusi yang dilakukan pada studytiru kali ini berkaitan dengan komponen KIM, pendanaan, terkait publikasi, restibusi menara, penerapan aplikasi SPBE, dan pengelolaan data hingga pelatihan SDM.

Sementara itu Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Banyuwangi, Nafi Feridian mengapresiasi kedatangan tim Dinas Kominfo Kabupaten Magelang.

“Kami mengucapkan terimakasih, merupakan kepercayaan buat kita sehingga kita dipercaya untuk dikunjungi dari Dinass Kominfo Kabupaten Magelang, Bappeda Dan Litbangda, Bagian Organisasi serta  Bagian Perekonomian Setda Pemerintah Kabupaten Magelang. Teman-teman dari Dinas Kominfo Kabupaten Magelang juga sangat aktif bertanya, pada intinya kita disini sama-sama belajar, sama-sama ingin yang terbaik bagi wilayah masing-masing,” ujarnya.

Hasil dari studytiru yang dilakukan diharapkan adanya komitmen pimpinan yang sangat tinggi untuk Dinas Kominfo, serta soliditas dan kerjasama antar SKPD untuk mendukung Dinas Kominfo dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar