TMMD Sengkuyung Tahap I Bangun Jalan Penghubung Dusun di Desa Krincing

Dilihat 1416 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto didampingi Istri dan Forkompimda menghadiri acara penutupan sekaligus peresmian pembangunan cor blok jalan di Desa Krincing, Kecamatan Secang Program TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023, Kamis (8/6/2023).


Perwira Penghubung Kodim 0705/Magelang, Mayor CZI Suharto membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro menyampaikan, program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kewilayahan. 


Program TMMD yang dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan. TMMD juga dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan.


Oleh karena itu, pada tahun 2023 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke-116 secara tersebar termasuk di Kabupaten Magelang. Program TMMD ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro untuk meningkatkan 

semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan masyarakat dalam mengakselerasi program pemerintah yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama.


"Saya bangga, berkat kerja sama, dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda, dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik

maupun non fisik dapat tercapai 100 persen," ungkapnya.


Untuk diketahui, sasaran kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023 di Desa Krincing ini antara lain, sasaran fisik pembuatan cor blok jalan sepanjang 500 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,12 meter yang menghubungkan jalan Dusun Padan dan Dusun Kerten.


Kegiatan non fisik antara lain, penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas dan narkoba serta penyuluhan kesehatan.


"Manfaat dari kegiatan TMMD Sengkuyung di Desa Krincing ini antara lain memperlancar arus transportasi antar desa dan antar Kecamatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Mayor CZI Suharto.


Kepala Desa Krincing, Heri Purwanto mengungkapkan pembangunan cor blok jalan program TMMD Sengkuyung ini sangat bermanfaat dan membantu perekonomian warga di Desa Krincing, khususnya di Dusun Kerten dan Dusun Padan.


"Karena sebelum ada jalan cor blok ini masyarakat harus menempuh jarak lebih jauh untuk mengantarkan anak ke sekolah dan lain sebagainya. Intinya warga masyarakat sangat antusias dan senang sekali," ungkap Heri.


Sebelum jalan cor blok ini dibangun masyarakat harus menempuh jarak sekitar 2 kilometer dari Dusun Kerten ke Padan, atau sebaliknya. Namun, setelah adanya jalan cor blok ini masyarakat bisa menempuh jarak yang lebih singkat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar