TPS di Dusun Keron Sawangan Didesain Unik

Dilihat 357 kali
Petugas KPPS di TPS 13 Dusun Keron Krogowanan Sawangan mengenakan kostum kuda lumping dalam pesta demokrasi 2024 hari ini, Rabu (14/2/2024).

BERITAMAGELANG.ID - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13 di Dusun Keron Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan, lereng gunung Merbabu Kabupaten Magelang, didesain cukup unik. Banyak properti yang dipasang seperti topeng, wayang, gantungan serangga dan sebagainya.


Tidak cukup hanya ruangan yang ditata artistik, coblosan diawali dengan kirab dan penampilan para anggota KPPS. Mereka mengenakan kostum dan menari kuda lumping sebelum masuk bilik suara.


Sebelum kirab, anggota KPPS ini melakukan prosedur yang sudah ditetapkan oleh KPU, seperti menghitung surat suara. Suara gending Jawa mengiringi para anggota KPPS ini, sehingga menarik perhatian warga setempat. Suasana di TPS menjadi meriah.


Para penari sambil membawa lima surat suara kemudian menuju ke bilik untuk melakukan pencoblosan dan diakhiri dengan mencelupkan jari ke botol tinta yang sudah disediakan. Selanjutnya mereka melakukan tugas sebagai anggota KPPS.


Sujono, seniman setempat mengatakan, TPS sengaja didesain seni, karena rumah tinggalnya banyak menyimpan benda-benda seni, seperti topeng, wayang, gantungan serangga dan sebagainya.


"Jadi kita memanfaatkan apa yang sudah ada, kita tata sedemikian rupa sehingga TPS menjadi cukup unik," ujarnya.


Ditambah lagi, banyak remaja di Dusun Keron yang berkesenian, sehingga menampilkan performa saat pesta demokrasi ini berlangsung, menjadi sesuatu yang istimewa.


Sujono juga mengatakan, tujuan membuat TPS bernuansa seni ini, untuk menyemangati warga agar berbondong-bondong ke TPS, menggunakan hak pilihnya, jangan sampai golput.


Ketua KPPS 13 Dusun Keron Krogowanan Sawangan, Cahyo Purnomo mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) ada 231 orang. Sebelum pencoblosan dimulai, pihaknya memberikan informasi ke warga bahwa mereka akan mendapatkan 5 lembar surat suara, yakni untuk pilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Jateng dan DPRD Kabupaten Magelang.



Salah satu warga, Rida Prastiwi (32) mengaku, senang dengan keberadaan TPS yang unik ini. Apalagi dengan suasana yang cukup meriah.


"Tidak menyangka saja kalau suasananya akan semeriah ini," tutur Rida.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar