Umat Buddha Lantunkan Doa Perdamaian Dunia di Candi Borobudur

Dilihat 367 kali
Umat Buddha yang tergabung dalam Majelis Umat Nyingma Indonesia (MUNI), Sangha Tantrayana sedang membaca paritta.

BERITAMAGELANG.ID - Puluhan umat Buddha dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia melantunkan doa untuk perdamaian dunia di Candi borobudur. Termasuk doa baik yang ditujukan kepada warga Palestina yang tengah berjuang dalam perang melawan Israel.


Kegiatan tersebut dihelat oleh Majelis Umat Nyingma Indonesia (MUNI), sangha Tantrayana. Kegiatan doa bersama tersebut dilakukan selama dua hari, 20-21 Mei 2024 di Taman Aksobya, kompleks Candi Borobudur dalam rangka menyambut Tri Suci Waisak 2568 BE. 


Ketua Panitia Nyingma Monlam Chenmo Indonesia 2024 Lama Rama Santoso Liem mengutarakan, kegiatan ini merupakan kali kedua yang diadakan di Candi Borobudur. Rencananya, doa bersama itu akan dilakukan rutin setiap tahun menjelang Tri Suci Waisak.


"Tahun ini kami kembali mengadakan Nyingma Monlam Chenmo. Kami tambahkan puja di malam hari dan baru pertama kali dilakukan," ujar Lama Rama saat ditemui, Senin (20/5/2024) malam.


Umat Buddha meyakini, setiap puja yang dilakukan akan mendatangkan pahala kebajikan dan bermuara untuk perdamaian dunia. Termasuk menjaga keharmonisan, keselarasan, serta kebahagiaan di Indonesia maupun dunia. 


Lama Rama menuturkan, dalam kegiatan tersebut, umat Buddha membaca paritta dan doa aspirasi yang tertuang dalam kitab suci Tantra. Yang mana merupakan ajaran Sang Buddha dan diajarkan kembali oleh Buddha Padmasambhava.


"Tujuan utamanya melantunkan doa untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia, terutama di Indonesia. Khususnya juga kepada rakyat Palestina yang masih dalam kondisi perang," jelasnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar