Pemkab Magelang Raih Penghargaan Inovator Pariwisata Terbaik Bidang Pemerintah

Dilihat 1164 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah, Adi Waryanto menerima penghargaan Inovator Pariwisata Terbaik Bidang Pemerintah Dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Penghargaan tersebut diberikan pada malam Anugerah Pariwisata Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Pelataran Panca Arga, Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jumat (23/9/2022). 


Dalam Sambutannya, Adi Waryanto menyampaikan saat ini pandemi Covid-19 sudah mulai berakhir meski statusnya masih PPKM level I. Beberapa waktu yang lalu, badai pandemi telah menghantam, menghancurkan dan meluluhlantahkan berbagai sendi-sendi perekonomian masyarakat termasuk salah satunya pada industri pariwisata, UMKM dan beberapa sektor lainnya.


Belum berlalu sepenuhnya pandemi Covid-19, dinamika percaturan politik global kembali bergejolak dengan pecahnya perang antara Rusia dan Ukraina yang berdampak dengan munculnya krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan, dan saat ini dengan naiknya harga BBM telah memicu meningkatnya laju Inflasi dunia.


"Meskipun begitu, kita harus tetap optimis bahwa Industri Pariwisata kita akan menemukan kejayaannya kembali, yang mana semangat ini selaras dengan tema 'Bangkit dari Pandemi, Inovasi Tiada Henti'," kata Adi.


Ia berharap melalui penghargaan yang telah diraih ini bisa menjadi pemicu bagi Pemerintah Kabupaten Magelang untuk terus berkomitmen mengenalkan Industri Pariwisata di Kabupaten Magelang kepada dunia.


Selain Candi Borobudur, Kabupaten Magelang mempunyai destinasi pariwisata yang tidak kalah menarik seperti Gardu Pandang Ketep Pass, Nepal Van Java, Silancur High Land, Air Terjun Sekar Langit dan Pemandian Air Hangat Candi Umbul di Grabag, serta masih banyak lagi destinasi wisata lain yang sangat menarik untuk dikunjungi.


"Kami optimis dengan sinergitas, kerja sama, gotong royong dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Magelang dengan para insan media, industri pariwisata di Kabupaten Magelang di masa pasca pandemi ini akan bisa segera bangkit kembali, dan roda perekonomian akan segera berputar kembali dan kesejahteraan masyarakat juga akan kembali meningkat." harap Adi.


Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen bahwa saat pandemi, sektor kesehatan dan pariwisata sangat terdampak. Akan tetapi data pemulihan ekonomi di sektor pariwisata ternyata sangat bagus.


"Saat ini seluruh kabupaten/kota sedang konsen dengan pariwisata, ditambah pembangunan nasional yang diperuntukkan Jawa Tengah ini lumayan masif, pembangunan akses mulai diakses dan sebentar lagi dibangun mulai Semarang ke Jogja ini akses jalur kalau kita manfaatkan ini sangat menarik," kata Taj Yasin.


Ia berharap dengan adanya akses jalan yang saat ini mudah itu bisa menambah pariwisata di Jawa Tengah lebih meningkat, bukan hanya jumlah yang tinggi akan tetapi long stay ini yang diharapkan, karena dengan adanya para wisatawan datang ke Jawa Tengah dengan lama durasi tinggalnya akan mengangkat perekonomian masyarakat.


Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud menyampaikan Anugerah Pariwisata Jawa Tengah yang digelar atau diadakan adalah wujud dari bagian kecintaan kepada dunia pariwisata, sekaligus ungkapan cinta tanah air yang dimaknai sebagai bagian dari penginspirasi bahwa wartawan mendukung, mendampingi dan PWI Jawa Tengah ikut mengawal penginspirasian kebangkitan pariwisata Jawa Tengah yang ditandai landainya pandemi Covid-19. 


"Kami tentu saja berkomitmen untuk terus bersama bergerak, berinovasi, berkreasi, dan menjadikan dunia pariwisata ini sebagai salah satu unggulan kehidupan dan unggulan di dalam perekonomian bangsa ini terutama di Jawa Tengah,” ungkap Amir.


Ia berharap apa yang dilakukan oleh PWI Jawa Tengah pada akhirnya akan memberikan dorongan dan memberikan tambahan motivasi dalam membangkitkan dunia pariwisata selanjutnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar