Arto Mart Pakis Siap Suplai Alat Pertanian 24 Jam

Dilihat 634 kali

BERITAMAGELANG.ID - Toko pertanian Arto Mart Co Managed With Crowde membuka gerai ke-12 yang berlokasi di Jalan Magelang-Salatiga, Dusun Wonosuka, Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Toko yang diberi nama Arto Mart Pakis ini menjadi toko pertanian modern pertama yang buka 24 jam, sehingga bisa melayani kebutuhan pertanian kapanpun.


Arto Mart Pakis resmi di-launching pada Senin (30/10/2023). Acara peresmian dihadiri oleh Direktur Utama PT. CROWDE Membangun Bangsa, Yohanes Sugihtononugroho; sejumlah relasi, Kepala Desa Tegalrejo, Agung Priambodo; serta sejumlah tamu undangan lain. 


Kepala Toko Arto Mart Pakis, Imam Piterson menjelaskan toko ini menjadi toko pertanian pertama di kawasan tersebut yang beroperasi 24 jam. 


"Kami menyadari kebutuhan petani akan sarana prasarana pertanian itu tidak mengenal waktu. Jadi kalau malam-malam pengen menyiram besok pagi, beli pupuknya kan subuh-subuh, nah kami sudah buka," katanya, dalam acara launching.


Arto Mart Pakis siap bermitra dengan petani dengan men-support sarana prasarana pertanian mulai penyediaan benih, pupuk, alat pertanian, bahkan siap memasarkan hasil produksi petani. Jika ada petani yang membutuhkan keperluan tanam, Arto Mart juga siap memberikan pendampingan pada petani.


Pendampingan kepada petani dilakukan menggunakan sistem modern, seperti penggunaan alat-alat modern dan sistem pertanian yang dengan teknologi terkini. Petani tidak hanya didampingi melalui konsultasi, tetapi tenaga ahli dari Arto Mart siap turun langsung ke lahan pertanian.


Sebagai toko pertanian modern, Arto Mart menerapkan sistem pertanian digital. Toko Arto Mart berkonsep toko modern dengan produk yang lengkap dan murah. Pendampingan kepada petani juga menerapkan sistem pertanian modern untuk mendapatkan hasil pertanian yang lebih baik.


Yohanes Sugihtononugroho mengungkapkan CROWDE adalah perusahaan pertanian berbasis digital, yang membantu petani agar memiliki akses terhadap modal dan suplai sarana produksi (saprodi) pertanian. CROWDE memberikan knowledge (pelajaran), pendampingan dan semangat kepada petani agar menerapkan digitalisasi pertanian.


"Tujuannya adalah mendukung rantai pasok produk pertanian yang selama ini banyak menghadapi kendala, seperti di Tegalrejo ini. Kami percaya teknologi bisa membangun petani membuka akses dan memperluas jaringan pertanian," katanya.


Dengan di-manage oleh CROWDE, akan memberi semangat dan pondasi kerja sama antara Arto Mart dan petani, melalui komitmen Arto Mart untuk terus membantu memfasilitasi petani agar memiliki akses pendanaan dan penjualan.


Anom Reksodirdjo, salah satu tamu undangan yg hadir, menambahkan Arto Mart adalah bukti bahwa teknologi dapat mendukung pertanian. 


"Dukungan terhadap pertanian akan meningkatkan ketersediaan pangan dan mendukung ketahanan pangan nasional," katanya.


Kepala Desa Tegalrejo, Agung Prambodo menambahkan kehadiran Arto Mart akan sangat bermanfaat bagi petani setempat. Ia berharap kehadiran Arto Mart bisa memberikan masukan dan bimbingan menuju pertanian yang modern, sehingga ke depan, akan berdampak pada majunya pertanian di Tegalrejo.


"Petani yang kemarin dengan sistem manual dan sederhana, kini menuju modern. Dengan penyediaan pupuk, diharapkan bisa menjawab kebutuhan petani sehingga ke depan betul-betul menjadi petani yang maju dan ikut andil dalam menjaga ketahanan pangan," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar