Budi Daya Cupang Jadi Hobi Saat Pandemi Covid-19

Dilihat 1095 kali
Kontes ikan cupang banyak diminati masyarakat di tengah pandemi Covid-19

BERITAMAGELANG - Hobi memelihara ikan cupang akhir-akhir ini sedang naik daun. Khususnya di masa pandemi Covid 19. Memelihara cupang menjadi pilihan tersendiri karena mudah perawatannya.


Salah satu pembudi daya cupang, Adi Krisnanda, warga Lembah Asri Sumberrejo Mertoyudan Magelang, mengatakan, permintaan cupang untuk dipelihara atau untuk kontes cukup meningkat, sehingga menjadi komoditas tersendiri.


"Ikan cupang atau bahasa latinnya ikan Betta, meskipun ukurannya kecil, dia memiliki corak warna yang beragam dan menarik, tergantung jenis ikannya. 


Pemeliharaannya yang mudah, cukup dengan air bersih yang diganti seminggu sekali, menjadi hal yang menarik bagi pemula yang ingin memiliki hewan peliharaan. Terlebih bagi yang berniat ikut kontes, maka mampu menaikan harga atau pamor ikan tersebut," terang Adi, Senin (21/6/2021).


Adi mengatakan, dirinya sudah cukup sering mengadakan kontes cupang. Ada beberapa tips pemeliharaan agar cupang dapat tampil prima saat kontes.


"Gen atau indukan harus bagus, maka keturunan ikan akan bagus. Pemberian pakan yang bagus pakai kutu air sama jentik nyamuk. Air harus sering diganti (2-3 hari sekali) meskipun tahan selama satu minggu, dengan Ph air 7. Dan sering dilatih pakai stick diarahkan ke wadah ikan, agar mental ikannya jadi. Tanda mental ikan jadi adalah insang ikan mengembang dan ikan mendekat pada stick yang disentuhkan pada wadah," papar Adi.


Adapun penilaian dari para juri, juga berdasarkan proporsi fisik dengan standar kontes nasional Indonesia. Diantaranya ekor bukaan 180 derajat minimal, badan bagus, dasi atau sirip ikan bagian bawah bagus. Warna hanya sebagai tambahan tergantung jenis ikannya.


"Kalau dalam kontes cupang, ada beberapa kelas, diantaranya adalah kelas salon dan kelas non salon (alami). Untuk kelas salon, maka ikan akan dirapikan sirip atau ekornya, dengan teknik bius," ungkap Adi.


Menurut Adi, dalam setiap event kontes cupang, rata-rata peserta membawa lebih dari satu ekor. Dengan demikian maka permintaan akan cupang kontes cukup tinggi.


"Soalnya semakin sering kontes, permintaan semakin banyak juga. Jadi biasanya ikan yang sudah pernah kontes dan kalah cenderungnya ownernya pasti cari yang baru lagi.


Kalau untuk pembudi daya cupang kontes di Magelang sekitar 10-15an, harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Kalau jenis Ikan Cupang biasa paling harga Rp5.000-an," terang Adi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar