DBHCHT Kabupaten Magelang Meningkat

Dilihat 3194 kali
Penyerahan Tokoh Wayang Petruk kepada Dalang Ki Susanto Sadewo oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso.

BERITAMAGELANG.ID - Pagelaran wayang kulit menghadirkan Dalang Ki Susanto Sadewo dengan lakon Petruk Dadi Ratu digelar di Pendopo Surya Gemilang, Muntilan, Sabtu (11/2). Pertunjukan ini juga menghadirkan bintang tamu Elisa Orcarus Alaso dan Den Baguse Ngarso, serta disiarkan melalui kanal Youtube Dinas Kominfo Kabupaten Magelang dan 96.8 FM LPPL Radio Gemilang. 


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka gempur rokok ilegal melalui sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang cukai dan sosialisasi tentang cukai tembakau di Kabupaten Magelang.


Pada kesempatan tersebut, Sekda diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso mengungkapkan dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) di tahun ini mengalami peningkatan kurang lebih sekitar 30 persen.


“Tahun kemarin Kabupaten Magelang menerima kurang lebih 17,4 miliar dan di tahun 2023 meningkat kurang lebih 30 persen jadi di tahun 2023 Kabupaten Magelang mendapat 23,6 miliar dari DBHCHT,” ungkap Iwan Sutiarso.


Narasumber lainnya dari Penyuluh Bea Cukai Magelang, Adi Salam, mengatakan, pada 2022 Bea Cukai Magelang berhasil mencegah sebanyak 4.000 batang rokok ilegal dan tidak ditemukan produksi besar di wilayah Magelang.


“Untuk tangkapan Bea Cukai Magelang kebanyakan dari Jawa Timur untuk keperluan di Jawa Barat dan Sumatera jadi untuk wilayah Magelang hanya menjadi perlintasan saja,” jelasnya.


Sementara itu dalam laporan penyelenggaran yang disampaikan Kasubag Kepegawaian pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Wim Hernadi mengatakan pagelaran wayang kulit merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi tentang cukai tembakau di Kabupaten Magelang yang didanai oleh DBHCHT tahun 2023.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar