Desa Memiliki Peran Penting Sebagai Subjek Pembangunan

Dilihat 1384 kali
Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi didampingi jajaran Forkompimcam Candimulyo saat membuka kegiatan Peningkatan Kepala Desa dan Perangkat Dese se-Kecamatan Candimulyo.

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi didampingi jajaran Forkompimcam Candimulyo membuka kegiatan Peningkatan Kepala Desa dan Perangkat Dese se-Kecamatan Candimulyo di Khas Tugu Hotel, Yogyakarta, Jumat (5/8/2022).

Dalam sambutannya, Nanda Cahyadi menyampaikan bahwa Desa merupakan daerah otonom yang memiliki peran utama dalam mengelola, memberdayakan dan memajukan sumber daya yang tersedia, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Pemerintah Desa juga memiliki peran penting sebagai subyek pembangunan, sekaligus menjadi motor penggerak utama penyelenggaraan Pemerintahan di tingkat Desa dalam rangka mendorong terciptanya pelayanan yang baik untuk kesejahteraan rakyat.

"Melalui peningkatan kapasitas ini, diharapkan Desa mampu lebih bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa," harap, Nanda.

Menurutnya, di sisi lain desa juga mempunyai sumber daya alam yang berbeda-beda dengan produktifitas pengelolaannya yang berbeda pula. Hal ini di pengaruhi dengan sumber daya manusia yang produktif, kreatif, dan inofatif. Dengan begitu, diharapkan masyarakat saling berlomba-lomba untuk membangun desa yang tidak terpaku dengan adanya pembangunan bentuk fisik.

"Sehingga desa perlu dikelola dengan cara managemen yang baik, dari segi pemanfaatan lingkungan, misalnya sebagai desa wisata, desa kerajinan, maupun desa religius," ujarnya.

Dalam Kesempatan yang sama, Ketua Panitia Triono melaporkan, melalui pelatihan ini tujuannya agar peserta mampu melaksanakan pengelolaan dana desa tahun 2022 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, sehingga pengelolaannya sesuai regulasi yang berlaku. 

"Nantinya peserta diharapkan mampu menyusun dokumen, memahami, mengerjakan, dan bisa menggunakan aplikasi Siskeudes dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan tepat waktu," jelas Triono. 

Untuk diketahui, Pelatihan Peningkatan Kepala Desa dan Perangkat Dese se-Kecamatan Candimulyo ini diikuti oleh masing-masing Desa dan memberangkatkan 4 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Tim Pengelola Kegiatan dan Operator Siskeudes dengan Jumlah Keseluruhan 76 peserta.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar