Distan Pangan Kabupaten Magelang Bagikan Ratusan Paket Sayuran

Dilihat 420 kali
Antusias masyarakat di Kabupaten Magelang menerima paket sayuran di saat sejumlah harga pangan mulai naik

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang membagikan ratusan paket sayuran kepada masyarakat di Lapangan drh. Soepardi Kota Mungkid, Jumat (10/11/2023).


Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Ade Sri Kuncoro Kusumaningtyas mengatakan pembagian paket sayuran ini merupakan kegiatan Dirjen Hortikultura Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Kementerian Pertanian dalam membantu masyarakat saat sejumlah harga komoditas sayuran naik.


Bantuan diprioritaskan bagi kalangan masyarakat kurang mampu yang terdampak kenaikan harga sejumlah komoditas pangan seperti tukang ojek online, kusir delman, tukang becak, dan pemilik warung kecil. Selain itu guna membantu penyerapan hasil panen para petani yang tergantung dengan ketersediaan air di musim kemarau.


"Selain untuk membantu masyarakat, kegiatan ini juga untuk membantu para petani kami yang terdampak kekeringan El nino," kata Ade di sela-sela pembagian sayuran tersebut.


Ade mengatakan, 500 paket yang dibagikan tersebut berisi beberapa jenis komoditas sayuran. Seperti kol, timun, kentang, terong, kubis, sawi putih, tomat dan sebagainya.


Sementara itu, Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Kementerian Pertanian, Lilik menuturkan pembagian paket sayuran ini merupakan program berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan kosumsi sayur mayur masyarakat di sejumlah daerah.


Pada tahun ini Kementan telah membagikan ratusan paket sayuran di Cilacap, Cianjur, Depok, Semarang, Banjarnegara, Temanggung, dan Kabupaten Magelang. Berdasar permintaan dengan jumlah disesuiakan, bahkan di daerah bisa digelar dua kali.


Melalui program ini pula, lanjut Lilik, diharapkan meningkatkan promosi ke masyarakat akan konsumsi tanaman sayuran dan tanaman obat yang kini harganya mulai naik.


"Dengan membagikan di daerah bisa membantu masyarakat di daerah. Itu juga wujud kepedulian pemerintah," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar