Distan Pangan Kabupaten Magelang Dorong Taman Anggrek Bojong Tempat Edukasi dan Budidaya

Dilihat 1613 kali
Masyarakat sedang melihat-lihat koleksi bunga anggrek yang ada di UPT Taman Anggrek di Dusun Bojong, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Taman Anggrek Bojong, Mendut Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang kini memiliki koleksi berbagai jenis tanaman anggrek cantik. Selain menjadi tempat edukasi Taman Anggrek Bojong, Mendut kini juga menjual tanaman anggrek berkualitas dengan harga terjangkau.

Petugas Pengendali Organisme Tanaman UPT Laboratorium  Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Dian Rachmawati Harsono mengungkapkan keberadaan taman anggrek tersebut kini menjadi UPT Laboratorium Pertanian milik Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten  Magelang.

"Salah satu upaya untuk menghidupkan kembali keberadaan taman anggrek tersebut, yakni Dinas Pertanian dan Pangan melakukan kerjasama dengan sejumlah sekolah kejuruan dan beberapa universitas," kata Dian Sabtu (22/07/2023).

Dian mengatakan, saat ini pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi yakni , Universitas Negeri Tidar Magelang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta -Magelang dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Selain itu, sejumlah SMK di Magelang dan sekitarnya juga telah menandatangani kerjasama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Yakni, SMK Negeri 1 Salam, SMK Negeri Ngablak, SMK Negeri 1 Temanggung dan SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan.

Ia menambahkan,  dalam kurun waktu yang bervariasi para siswa atau mahasiswa  tersebut menggali dan mengasah kemampuannya di UPT Laboratorium Pertanian, mengenai pengembangan tanaman hias dan anggrek.

"Bentuk kerjasamanya, yakni sekolah- sekolah tersebut secara rutin mengirimkan siswanya untuk belajar atau praktik kerja industry di UPT Laboratorium Pertanian /Taman Anggrek," katanya.

Dijelaskan Dian, di UPT Taman Anggrek Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang tersebut, para pecinta tanaman hias utamanya anggrek juga bisa membeli tanaman anggrek dari berbagai jenis. Untuk harga tanaman anggrek di UPT Taman Anggrek telah diatur dengan perda yang ada. Sedangkan, kualitas tanaman anggrek tidak kalah dengan pembudidaya lainnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Ade Sri Kuncoro menambahkan, beberapa upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan untuk menghidupkan kembali Taman Anggrek Mendut yang ini menjadi salah satu UPT dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, yakni memberikan kesempatan bagi para petani binaannya tampil di beberapa pameran. Seperti mengikuti pameran tahunan "Soropadan Agro Festival" dan lainnya.

Saat ini UPT Taman Anggrek tersebut terdapat sekitar 75 jenis anggrek yang juga sebagai salah satu pendapatan asli daerah. Selain itu menjual tanaman anggrek yang siap jual, di UPT Taman Anggrek juga dilakukan pembibitan  secara kultur jaringan.

"Selain itu kami juga mendukung dalam masalah pendanaan. Selain itu, kami juga akan bekerjasama dengan beberapa pelaku jasa pariwisata untuk bisa membawa tamu-tamunya berkunjung ke UPT Taman Anggrek," kata Ade.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar